YULIANA WULANDARI, NIM.312021017 (2025) PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MENULIS FABEL BERBASIS POP UP PESERTA DIDIK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
312021017_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
312021017_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) |
|
|
Text
312021017_BAB III.pdf Download (388kB) | Preview |
|
![]() |
Text
312021017_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
312021017_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
|
![]() |
Text
312021017_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
|
![]() |
Text
312021017_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
|
![]() |
Text
312021017_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
312021017_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN..pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan gambaran bagaimana pengembangan media Pop Up terhadap proses belajar peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi penggunaan media pembelajaran oleh guru yang masih menggunakan media buku cetak khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi fabel. Sehingga guru Bahasa Indonesia harus mampu menciptakan media pembelajaran yang menarik dan praktis, untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan media Pop Up pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan analisis kebutuhan peserta didik dan guru Bahasa Indonesia terhadap media pembelajaran. Mendeskripsikan validitas media pembelajaran berbasis Pop Up di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari enam tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Hasil yang diperoleh pada validasi media dengan presentase 82,66% validasi materi dengan presentase 90% berkategori sangat layak, berdasarkan respon peserta didik dalam kelompok kecil memperoleh 91,23% dengan kategori sangat layak. Serta efektivitas media mengalami peningkatan dengan kategori tinggi. Sehingga media pembelajaran berbasis Pop Up layak digunakan sebagai bahan ajar tambahan untuk menunjang keberhasilan belajar peserta didik pada materi fabel mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr.Sakdiah Wati., M. Pd. 2. Supriatini, S.Pd., M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengembangan, Keterampilan menulis, Pop Up, fabel |
Subjects: | Bahasa Indonesia > Esai Bahasa Indonesia > Sistem-sistem Tulisan Bahasa Indonesia > Sistem Penulisan dan Fonologi Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 06:23 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 06:23 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32849 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |