PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS VII MTs NEGERI 2 OGAN ILIR

EKA MEI LINDA, NIM. 312021026 (2025) PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS VII MTs NEGERI 2 OGAN ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312021026_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[img] Text
312021026_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
312021026_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
312021026_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
312021026_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
312021026_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
312021026_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
312021026_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
312021026_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran keterampilan menulis memiliki berbagai macam bentuk, diantaranya adalah keterampilan menulis cerita pendek. Pembelajaran kosakata sangat penting terhadap peningkatan dan pengembangan kemampuan siswa karena masih banyak dijumpai bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat dibutuhkan pada masa sekarang maupun di masa depan. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis cerpen siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Ogan Ilir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis cerpen siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Ogan Ilir. .Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Tes Esai dan dokumentasi data yang berupa tes tertulis dan foto kegiatan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis Kuantitatif. Hasil analisis dan pembahasan menunjukan bahwa Penguasaan kosakata peserta didik kelas VII.6 MTs Negeri 2 Ogan Ilir diperoleh rata-rata 79,03 yang menunjukkan kategori sedang dengan persentase 50 %. Artinya terdapat peningkatan yang cukup besar. Kemampuan menulis cerita peserta didik kelas VII.6 Mts Negeri 2 Ogan Ilir diperoleh rata-rata 75,11 yang menunjukan kategori sedang dengan persentase 65 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat yang pengaruh yang signifikan (nyata) antara penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis cerita peserta didik kelasVII.6 MTs Negeri 2 Ogan Ilir dengan kontribusi sebesar 24,4 % sedangkan sisanya sebesar 75,6 % diperoleh oleh variabel lain

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Danto, M.Pd. 2. Prof. Dr. Houtman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kemampuan Menulis, Cerpen
Subjects: Bahasa Indonesia > Esai
Bahasa Indonesia > Sistem-sistem Tulisan
Bahasa Indonesia > Tata bahasa Indonesia
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 03 Sep 2025 03:43
Last Modified: 03 Sep 2025 03:43
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32822

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.