EKA MEI LINDA, NIM. 312021026 (2025) PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS VII MTs NEGERI 2 OGAN ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
312021026_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (365kB) | Preview |
|
![]() |
Text
312021026_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
|
![]() |
Text
312021026_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
|
![]() |
Text
312021026_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
![]() |
Text
312021026_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
|
![]() |
Text
312021026_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
![]() |
Text
312021026_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
|
![]() |
Text
312021026_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
312021026_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran keterampilan menulis memiliki berbagai macam bentuk, diantaranya adalah keterampilan menulis cerita pendek. Pembelajaran kosakata sangat penting terhadap peningkatan dan pengembangan kemampuan siswa karena masih banyak dijumpai bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat dibutuhkan pada masa sekarang maupun di masa depan. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis cerpen siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Ogan Ilir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis cerpen siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Ogan Ilir. .Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Tes Esai dan dokumentasi data yang berupa tes tertulis dan foto kegiatan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis Kuantitatif. Hasil analisis dan pembahasan menunjukan bahwa Penguasaan kosakata peserta didik kelas VII.6 MTs Negeri 2 Ogan Ilir diperoleh rata-rata 79,03 yang menunjukkan kategori sedang dengan persentase 50 %. Artinya terdapat peningkatan yang cukup besar. Kemampuan menulis cerita peserta didik kelas VII.6 Mts Negeri 2 Ogan Ilir diperoleh rata-rata 75,11 yang menunjukan kategori sedang dengan persentase 65 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat yang pengaruh yang signifikan (nyata) antara penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis cerita peserta didik kelasVII.6 MTs Negeri 2 Ogan Ilir dengan kontribusi sebesar 24,4 % sedangkan sisanya sebesar 75,6 % diperoleh oleh variabel lain
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Drs. Danto, M.Pd. 2. Prof. Dr. Houtman, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Kemampuan Menulis, Cerpen |
Subjects: | Bahasa Indonesia > Esai Bahasa Indonesia > Sistem-sistem Tulisan Bahasa Indonesia > Tata bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 03:43 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 03:43 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32822 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |