PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN FLIPBOOK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 9 PALEMBANG

SRI WINATI, NIM. 312020034 (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN FLIPBOOK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 9 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312020034_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (847kB) | Preview
[img] Text
312020034_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
312020034_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
312020034_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
312020034_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
312020034_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
312020034_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
312020034_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
312020034_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berlokasi di SMP Muhammadiyah 9 Palembang, Pada penelitian ini peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif. Pada penelitian kuantitatif ini, dilakukan pengujian eksperimen dan kontrol. Kelas yang dipakai pada penelitian yaiti kelas VII.A sebagai kelas kontrol dan VII.B sebagai kelas eksperimen. Metode ini digunakan untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh media pembelajaran ini terhadap keterampilan membaca peserta didik pada pembelajaran teks fabel kelas VII.A dan VII.B di SMP Muhammadiyah 9 Palembang. Penelitian ini juga menggunakan tes angket dan wawancara yang mana hasil tes angket dan wawancara deperoleh ketika berlangsungnya kegiatan belajar peserta didik. Penelitian ini nertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran berbantuan FlipBook terhadap keterampilan membaca peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 79,8, sedangkan kelas kontrol sebesar 74,1. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 2,084 lebih besar dari ttabel sebesar 2,010 pada taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan media flipbook terhadap keterampilan membaca teks fabel siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Supriatini, S.Pd., M.Pd. 2. Dr. H. Gunawan Ismail, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: media pembelajaran, flipbook, keterampilan membaca, teks fabel
Subjects: Bahasa Indonesia > Esai
Bahasa Indonesia > Membaca
Bahasa Indonesia > Sistem-sistem Tulisan
Bahasa Indonesia > Tata bahasa Indonesia
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 04 Sep 2025 02:19
Last Modified: 04 Sep 2025 02:19
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32819

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.