Peran Kepala Sekolah Melalui Program Keagamaan Dalam Memotivasi Tingkat Religiusitas Peserta Didik

Wanda Puspita Sari, 322021016 (2025) Peran Kepala Sekolah Melalui Program Keagamaan Dalam Memotivasi Tingkat Religiusitas Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
322021016_COVER_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
322021016_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text
322021016_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text
322021016_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text
322021016_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text
322021016_ Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
322021016_ Sampai_Lampiran.pdf - Draft Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah melalui program keagamaan dalam memotivasi tingkat religiusitas peserta didik di MA Al-Akbar Sidomulyo, Banyuasin. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya pendidikan agama dalam membentuk karakter religius siswa di tengah arus modernisasi dan budaya luar yang semakin bebas. Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan memiliki peran strategis dalam menggerakkan, memotivasi, dan mengawasi pelaksanaan program-program keagamaan di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru pembina keagamaan, wali kelas dan peserta didik. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah berperan aktif dalam menjalankan fungsinya sebagai pemimpin, motivator, dan supervisor melalui berbagai program keagamaan seperti doa bersama, sholat dzuhur berjamaah, tadarus, infaq, rohis, serta hafalan Asmaul Husna. Program-program tersebut terbukti mampu meningkatkan semangat religius peserta didik yang tercermin dari komitmen mereka terhadap nilai-nilai agama, partisipasi aktif dalam kegiatan keagamaan, serta perubahan sikap ke arah yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Samsilayurni, M.Si 2. Nurlena, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah, Program Keagamaan, Religiusitas, Motivasi, Peserta Didik
Subjects: Administrasi Pendidikan > Aspek Sosial Pendidikan
Administrasi Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan
Administrasi Pendidikan > Disiplin Sekolah
Administrasi Pendidikan > Sekolah Swasta
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 02 Sep 2025 02:55
Last Modified: 02 Sep 2025 02:55
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32801

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.