AYU TRI LESTARI RAMADHINA, NIM. 342018037 (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PELAJARAN SISTEM REPRODUKSI MANUSIA PADA PRIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 PAGARALAM. Skripsi thesis, Universitas muhammadiyah palembang.
|
Text
342018037_BAB I.pdf - Published Version Download (526kB) | Preview |
|
![]() |
Text
342018037_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
|
![]() |
Text
342018037_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
|
![]() |
Text
342018037_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
|
![]() |
Text
342018037_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
|
![]() |
Text
342018037_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
|
![]() |
Text
342018037_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
|
![]() |
Text
342018037_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
342018037_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penerepan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pelajaran Sistem Reproduksi Manusia pada Pria pada Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Pagaralam Abstrak Model pembelajaran Guided Inquiry merupakan pembelajaran dimana siswa dapat memecahkan suatu permasalahan dan berupaya untuk menemukan jawaban-jawaban. Pembelajaran inkuiri dirancang untuk mengajak siswa secara langsung kedalam proses ilmiah dalam waktu yang relatif singkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar di SMA Negeri 3 Pagaralam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian kuantitaif dengan metode penelitian Pre-experimental design. Dengan rancangan penelitian Design One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian ini menggunakan satu kelas yaitu XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Wilcoxon. Hasil ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis, yang menunjukkan nilai thitung sebesar 8,076 > ttabel 2,048, dengan tingkat signifikan (2-tailed) 0,000 < 0,005, maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi manusia pada pria di SMA Negeri 3 Pagaralam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1. Drs. Nizkon, M.Si. 2. Sapta Handaiyani, S.Pd., M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | inkuiri terbimbing, hasil belajar |
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Perpustakaan umpalembang |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 07:12 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 07:12 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32793 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |