Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan

Nurmala Dewi, Nim.322021009 (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
322021009_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
322021009_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (955kB)
[img] Text
322021009_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
322021009_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
322021009_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
322021009_BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
322021009_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
322021009_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
322021009_Cover_Sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah dapat berlagsung secara baik, efektif dan struktur, apabila dapat memenuhi salah satu komponen yang terdapat dalam kegiatan pembelajaran yaitu media pembelajaran. Peranan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran sangat penting karena media merupakan salah satu alat perangsang belajar yang dapat menciptakan suasana belajar yang asyik, kreatif, inovatif serta siswa juga dapat dengan mudah memahami materi dan meningkatkan motivasi belajar siswa. jenis media pembelajaran yang efektif dan interaktif berbasis teknologi salah satunya yaitu kahoot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Kahoot terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan di SMA Dharma Bhakti Palembang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental, yang melibatkan dua kelompok kelas: kelas eksperimen yang menggunakan media Kahoot dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest untuk mengetahui perubahan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada motivasi belajar siswa di kelas eksperimen. Rata-rata nilai pretest siswa kelas eksperimen sebesar 73 dan meningkat menjadi 89 pada posttest. Uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa thitung (6,667) lebih besar dari ttabel (1,673), yang menandakan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan Kahoot mampu menciptakan suasana belajar yang lebih menarik, interaktif, dan menyenangkan. Selain itu, media ini juga mampu meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran dan mengurangi kebosanan yang sering terjadi di kelas. Oleh karena itu, Kahoot direkomendasikan sebagai salah satu media pembelajaran inovatif yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran Kewirausahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Winda Lestari, S.Pd., M.Pd. 2. Sri Utami, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Kahoot, Motivasi Belajar.
Subjects: Administrasi Pendidikan > Studi dan Pengajaran Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 28 Aug 2025 06:18
Last Modified: 28 Aug 2025 06:18
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32767

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.