Irka Pradita, NIM.322021007 (2025) Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Layanan Administrasi di Lembaga Bahasa Universitas Muhammadiyah Palembang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.
|
Text
322021007_BAB I_DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text
322021007_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (534kB) |
|
![]() |
Text
322021007_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (446kB) |
|
![]() |
Text
322021007_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
322021007_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
|
![]() |
Text
322021007_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (589kB) |
|
![]() |
Text
322021007_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
![]() |
Text
322021007_Cover_Sampai_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
Abstract
Pentingnya pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di lingkungan perguruan tinggi, khususnya pada Lembaga Bahasa Universitas Muhammadiyah Palembang.Pemanfaatan TIK menjadi langkah strategis dalam menciptakan layanan yang lebih efektif, efisien, dan responsif terhadap kebutuhan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada layanan administrasi di Lembaga Bahasa Universitas Muhammadiyah Palembang serta mengidentifikasi hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode triangulasi sumber data. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala lembaga, staf administrasi, staf IT, dan mahasiswa dari berbagai fakultas. Data dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam layanan administrasi telah mendukung peningkatan kualitas layanan melalui lima dimensi, yaitu keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy), dan bukti fisik (tangibles). Hambatan yang dihadapi mencakup masalah jaringan internet dan pemahaman pengguna Dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang tepat dan berkelanjutan, Lembaga Bahasa Universitas Muhammadiyah Palembang mampu memberikan layanan administrasi yang lebih berkualitas dan berorientasi pada kebutuhan pengguna.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing 1. Winda Lestari, S.Pd.,M.Pd. 2. Sri Utami, S.Pd.,M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Teknologi Informasi dan Komunikasi, Layanan Administrasi. |
Subjects: | Administrasi Pendidikan > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 04:04 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 04:04 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32752 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |