Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Layanan Administrasi di Lembaga Bahasa Universitas Muhammadiyah Palembang

Irka Pradita, NIM.322021007 (2025) Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Layanan Administrasi di Lembaga Bahasa Universitas Muhammadiyah Palembang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
322021007_BAB I_DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
322021007_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
322021007_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
322021007_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
322021007_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
322021007_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img] Text
322021007_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
322021007_Cover_Sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Pentingnya pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di lingkungan perguruan tinggi, khususnya pada Lembaga Bahasa Universitas Muhammadiyah Palembang.Pemanfaatan TIK menjadi langkah strategis dalam menciptakan layanan yang lebih efektif, efisien, dan responsif terhadap kebutuhan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada layanan administrasi di Lembaga Bahasa Universitas Muhammadiyah Palembang serta mengidentifikasi hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode triangulasi sumber data. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala lembaga, staf administrasi, staf IT, dan mahasiswa dari berbagai fakultas. Data dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam layanan administrasi telah mendukung peningkatan kualitas layanan melalui lima dimensi, yaitu keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy), dan bukti fisik (tangibles). Hambatan yang dihadapi mencakup masalah jaringan internet dan pemahaman pengguna Dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang tepat dan berkelanjutan, Lembaga Bahasa Universitas Muhammadiyah Palembang mampu memberikan layanan administrasi yang lebih berkualitas dan berorientasi pada kebutuhan pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1. Winda Lestari, S.Pd.,M.Pd. 2. Sri Utami, S.Pd.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Teknologi Informasi dan Komunikasi, Layanan Administrasi.
Subjects: Administrasi Pendidikan > Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 28 Aug 2025 04:04
Last Modified: 28 Aug 2025 04:04
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32752

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.