PROBLEMATIKA GURU AL ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN BAHASA ARAB (ISMUBA) DALAM PROSES PENGAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MUHAMMADIYAH 3 PALEMBANG

Dheri satrio andiko, 622021032 (2025) PROBLEMATIKA GURU AL ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN BAHASA ARAB (ISMUBA) DALAM PROSES PENGAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MUHAMMADIYAH 3 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas muhammadiyah palembang.

[img]
Preview
Text
622021032_COVER_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (605kB) | Preview
[img] Text
622021032_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
622021032_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
622021032_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
622021032_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
622021032_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
622021032_ Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
622021032_ Sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Andiko, Dheri Satrio, 2025. Studi tentang Problematika Guru ISMUBA dalam Proses Pengajaran di SMK Muhammadiyah 3 Palembang. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. Ani Aryati. S.Ag., M.Pd.I. (II) Zulkipli Jemain. S,Ag., M.Pd.I Guru ISMUBA (Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab) memiliki peran sentral dalam membentuk karakter keislaman siswa di sekolah Muhammadiyah, khususnya di SMK Muhammadiyah 3 Palembang. Namun, dalam praktiknya, guru ISMUBA menghadapi berbagai problematika yang menghambat proses pengajaran, baik dari aspek siswa, fasilitas, maupun dukungan kelembagaan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mendeskripsikan tantangan tersebut guna memberikan solusi yang aplikatif untuk peningkatan mutu pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: Bagaimana aktivitas guru ISMUBA dalam mengajar di SMK Muhammadiyah 3 Palembang, Apa saja problematika yang dihadapi guru ISMUBA dalam proses pengajaran, Bagaimana upaya guru ISMUBA dalam menghadapi problematika tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru-guru ISMUBA di SMK Muhammadiyah 3 Palembang. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru ISMUBA tidak hanya mengajar di kelas, tetapi juga membina keagamaan siswa melalui kegiatan GEMA (Gemar Membaca Al-Qur’an), shalat berjamaah, dan tahfidz. Problematika yang dihadapi mencakup rendahnya minat siswa terhadap pelajaran ISMUBA, kurangnya kemampuan membaca Al-Qur’an, serta keterbatasan sarana dan prasarana. Upaya yang dilakukan guru meliputi penggunaan metode pengajaran variatif, pemanfaatan fasilitas yang tersedia secara kreatif, kolaborasi dengan sesama guru, serta pemberian motivasi dan bimbingan intensif kepada siswa. Kata Kunci: Problematika, Pengajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Ani aryati,S.Ag.,M.Pd.I 2. Dr. Zulkipli jemain,S.Ag.,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Problematika,pengajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 27 Aug 2025 04:14
Last Modified: 27 Aug 2025 04:14
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32739

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.