OKTARIA SAPUTRI, NIM.312021003 (2025) PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN TEATER BERBASIS QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA SMP NEGERI 19 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
312021003_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (322kB) | Preview |
|
![]() |
Text
312021003_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
|
![]() |
Text
312021003_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
|
![]() |
Text
312021003_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
32021003_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
|
![]() |
Text
312021003_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
|
![]() |
Text
312021003_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
|
![]() |
Text
312021003_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
312021003_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai (1) Analisis kebutuhan pendidik dan peserta didik terhadap metode pembelajaran, (2) mendeskripsikan rancangan pengembangan metode pembelajaran teater berbasis quantum learning untuk meningkatkan literasi, (3) mendeskripsikan validasi hasil pengembangan metode pembelajaran teater berbasis quantum learning untuk menigkatkan literasi. Metode dalam penelitian ini menggunakan pengembangan R&D (Research and Development) Alessi dan Trolip, subjek penelitian ini siswa kelas VII 10 dan VII 11 SMP Negeri 19 Palembang yang berjumlah 35 siswa dari kelas VII 10 dan 35 siswa dari kelas VII 11 dengan total keseluruhan 70 siswa. Hasil uji validitas dari kedua ahli memiliki katergori sangat layak. Validasi yang dilakukan oleh ahli materi memperoleh nilai 95% dan ahli model pembelajaran 98,7%. Hasil uji coba kelompok kecil kepada 6 peserta didik memperoleh nilai 92,6% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba skala besar tes akhir kelas VII 10 memperoleh nilai 84,1% dan kelas VII 11 memperoleh nilai 80,3% dengan kategori sangat baik. Hasil menulis naskah teater kelas VII 10 memperoleh nilai 89,7% dan kelas VII 11 memperoleh nilai 89,5% dengan kategori sangat baik. Berdasarkkan hasil validasi kedua ahli, serta uji coba pada peserta didik, bahwa metode pembelajaran teater berbasis quantum learning untuk meningkatkan literasi siswa dinyatakan layak untuk digunakan sebagai metode pembelajaran Bahasa Indonesia terutama untuk meningkatkan literasi. Peneliti berharap agar metode pembelajaran ini dapat menjadi inspirasi bagi pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing 1. Dr. Sakdiah Wati, M.Pd. 2. Drs. H. Mustofa, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Pengembangan, Teater, Quantum Learning, Literasi. |
Subjects: | Bahasa Indonesia > Drama Bahasa Indonesia > Ejaan dan Ucapan Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia > Sistem-sistem Tulisan Bahasa Indonesia > Tata bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 03:47 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 03:47 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32711 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |