PENGARUH DISIPLIN, KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN SEBERANG ULU 1 PALEMBANG

NURAIDA ASTINING PUTRI, NIM.92217001 (2019) PENGARUH DISIPLIN, KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN SEBERANG ULU 1 PALEMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
92217001_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
92217001__BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan: penelitian untuk mengetahui pengaruh disiplin, kompetensi kepribadian dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Seberang ULU 1 Palembang. Desain penelitian: menggunakan tipe asosiatif. Variabel yang digunakan terdiri dari variabel disiplin, kompetensi kepribadian dan supervisi kepala sekolah sebagai variabel bebas, serta kinerja guru sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru SMP Negeri di Kecamatan Seberang ULU 1 Palembang yang berjumlah 305 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah cluster sampling. Teknik sampling menggunakan rumus Yamane hingga didapat 173 orang, Model analisis yang digunakan menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian: menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh yang signifikan disiplin, kompetensi kepribadian dan supervisi kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Seberang ULU 1 Palembang. 2) Ada pengaruh yang signifikan disiplin, kompetensi kepribadian dan supervisi kepala sekolah secara parsial terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Seberang ULU 1 Palembang. Implikasi: penelitian ini memberikan hasil bahwa kepala sekolah sebagai pemimpin harus mampu memberikan contoh kedisiplinan kepada guru disertai dengan komunikasi yang dapat menimbulkan kepatuhan. Kepala sekolah mengikutsertakan gurunya untuk diklat kepribadian untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas serta jabatan dengan dilandasi kepribadian yang dibutuhkan seorang guru. Selanjutnya, Kepala sekolah perlu mengusai teknik supervisi agar dapat mengetahui permasalahan yang terjadi di sekolahnya. Kata kunci : Disiplin, Kompetensi Kepribadian, Supervisi Kepala Sekolah, Kinerja Guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Herman Seri, M.Pd. 2. Dr. Sakdiah Wati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Disiplin, Kompetensi Kepribadian, Supervisi Kepala Sekolah, Kinerja Guru.
Subjects: Administrasi Pendidikan > Pendidikan
Divisions: PPS Manajemen (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2019 06:42
Last Modified: 12 Mar 2019 06:42
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/3267

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.