Yuni Pustika, NIM. 342020012 (2024) Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
342020012_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (406kB) | Preview |
|
![]() |
Text
342020012_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (827kB) |
|
![]() |
Text
342020012_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (733kB) |
|
![]() |
Text
342020012_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (766kB) |
|
![]() |
Text
342020012_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (601kB) |
|
![]() |
Text
342020012_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
|
![]() |
Text
342020012_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
![]() |
Text
3420200012_COVR_SAMPAI_LMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini telah dilakukan uji validitas pada 20 butir soal dengan pengolahan data menggunakan Ministep Rasch menunjukkan bahwa terdapat 1 item yang tidak valid dan 19 item valid karena dari 3 parameter Outfit Mean Square, Outfit Z-Standard, dan Point Measure Correlation tercapai 2 parameter. Berdasarkan hasil reliabilitas menunjukkan bahwa item soal yang akan digunakan dikatakan cukup reliabel karena Item Reliability: 0.75 dan Separation: 2.64. Berdasarkan uji Nonparametric Test One Sample K-S, nilai pretest sebesar 0.627 > 0,05, sedangkan nilai posttest sebesar 0.131 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pretest-postest siswa berdistribusi normal, dan hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa nilai signifikansi data yaitu 0,001 < 0,05 artinya varian dari populasi data hasil pretest-posttest adalah heterogen. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi data hasil belajar Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dimana terdapat pengaruh metode Mind Mapping yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Palembang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dra. Hj. Kholillah, M.M. Erie Agusta, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: metode mind mapping, hasil belajar, sistem pencernaan manusia |
Subjects: | Biologi > Fisiologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 02:35 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 02:35 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32438 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |