Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Palembang

Yuni Pustika, NIM. 342020012 (2024) Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342020012_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text
342020012_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)
[img] Text
342020012_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img] Text
342020012_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (766kB)
[img] Text
342020012_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img] Text
342020012_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
342020012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
3420200012_COVR_SAMPAI_LMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini telah dilakukan uji validitas pada 20 butir soal dengan pengolahan data menggunakan Ministep Rasch menunjukkan bahwa terdapat 1 item yang tidak valid dan 19 item valid karena dari 3 parameter Outfit Mean Square, Outfit Z-Standard, dan Point Measure Correlation tercapai 2 parameter. Berdasarkan hasil reliabilitas menunjukkan bahwa item soal yang akan digunakan dikatakan cukup reliabel karena Item Reliability: 0.75 dan Separation: 2.64. Berdasarkan uji Nonparametric Test One Sample K-S, nilai pretest sebesar 0.627 > 0,05, sedangkan nilai posttest sebesar 0.131 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pretest-postest siswa berdistribusi normal, dan hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa nilai signifikansi data yaitu 0,001 < 0,05 artinya varian dari populasi data hasil pretest-posttest adalah heterogen. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi data hasil belajar Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dimana terdapat pengaruh metode Mind Mapping yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Kholillah, M.M. Erie Agusta, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: metode mind mapping, hasil belajar, sistem pencernaan manusia
Subjects: Biologi > Fisiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:35
Last Modified: 01 Jul 2025 02:35
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32438

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.