622021066 Ahmad Nurrohman IMPLEMENTASI MEDIA DIGITAL (CANVA) DALAM PROSES BELAJAR BAHASA ARAB DI MTS PONDOK MODEREN DAARUL ABROOR KEC. MUARA SUGIHAN, KAB. BANYUASIN, SUMATERA SELATAN

Ahmad Nurrohman, 622021066 (2025) 622021066 Ahmad Nurrohman IMPLEMENTASI MEDIA DIGITAL (CANVA) DALAM PROSES BELAJAR BAHASA ARAB DI MTS PONDOK MODEREN DAARUL ABROOR KEC. MUARA SUGIHAN, KAB. BANYUASIN, SUMATERA SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622021066_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version

Download (814kB) | Preview
[img] Text
622021066_BAB II.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
622021066_BAB III.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text
622021066_BAB IV.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (864kB)
[img] Text
622021066_BAB V.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
622021066_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
622021066_LAMPIRAN.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
622021066_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Ahmad Nurrohman(622021066) Judul sekripsi : Implementasi Media Digital (Canva) Dalam Proses Belajar Bahasa Arab Santri MTS Di Pondok Moderen Daarul Abroor Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan. Dengan rumusan masalah sebagai berikut : 1) Bagaimana implementasi media digital (canva) dalam pembelajaran bahasa arab di MTS Pondok Modern Daarul Abroor. 2) Apakah media Digital Canva dapat memotivasi belajar santri di MTS Pondok Moderen Daarul Abroor. 3) Apa saja kekurangan dan kelebihan Implementasi media digital (canva) dalam kegiatan pembelajaran Bahasa arab di MTS Pondok Modern Daarul Abroor. Penelitian yang dilakuakan peneliti bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana penerapan media digital canva dalam prosesbelajar Bahasa arab santri MTS di pondok modern daarul abroor, metodologi penelitian yang peneliti terapkan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan atu metode berupa analisis deskriptif penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dari data primer dan data sekunder yang relevan dari masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dengan penarikan Kesimpulan data. fokus penelitian adalah betapa pentingnya peningkatan dalam metode mengajar dan canva sebagai media yang cukup mudah dan dapat membantu perkembangan kreatifitas serta membantu pengajar dalam mencapai target pembelajaran yang optimal. Hasil analisis data pada penelitian diperoleh yitu: 1) Imlementasi Media Digital Canva Dalam Proses Belajar Bahasa Arab Santri MTS di Pondok tidak diakukan didalam pembelajaran dikelas melainkan sebagai media pendukung atau sebagai kegiatan khursus dan di Imlementasi dengan melihat situasi dan kebutuhan santri. Hal ini dapat dilihat dari Bagaimana penerapan media pembelajaran yang telah berjalan, pelakasanaan proses pembelajaran dan aspek penilain. 2) dalam penerapan dalam proses pilot projek yang penelit lakukan mendapatkan hasil yang cukup mengejutkan sebab antusias dan suasana belajar meningkat dan menjadi lebih menyenangkan dan pengajar pun menyimpulkan bahawa kemudahan dan felksibilitas penggunaan canva memudahkan proses pembelajaran yang dapat membantu pencaoaian pembelajaran. 3) dalam proses implementasi masihbanyak yang harus di perbaiki dan dilengkapai dari segi insfratruktur, fasilitas tenaga pendidik dan lain-lain Pimpinan Pondok Moderen Daarul Abroor juga sangan mengharabkan peningkatan kualitas media pembelajaran di pondok modern Daarul Abroor dengan melengkapi kebutuhan media pendukung dalam pembelajaran guna mempersiapkan para Alumni yang mahir dan berkualitas Pendidikan, peningkatan kualitas pengajar selalu mengadakan pelatihan untuk ustaz dan ustazah dalam segala materi pengajaran terutama penggunaan pembelajaran digital.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Rulitawati. S.Ag.,M.Pd.I 2. Titin Yenni. S.Ag.,M.Hum
Uncontrolled Keywords: Imlementasi, Media Digitan, Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 04 Jun 2025 07:00
Last Modified: 04 Jun 2025 07:00
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32228

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.