IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI SISTEM PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DI KELAS VII SMP

SRI WAHYUNI, NIM. 332014030 (2019) IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI SISTEM PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DI KELAS VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332014030_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
332014030_BAB II_sampai_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Identifikasi kesalahan, Sistem pertidaksamaan linier satu variabel Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan apa yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal sistem pertidaksamaan linier satu variabel di kelas VII SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Palembang. Teknik pengumpulan data berupa pemberian soal tes esay yang berjumlah 5 soal. Bentuk kesalahan yang diidentifikasi adalah kesalahan konsep, prinsip, dan operasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal materi sistem pertidaksamaan linier satu variabel, Kesalahan konsep dilakukan siswa pada butir soal nomor 1 sampai 4, dengan persentase kesalahan yang terjadi yaitu butir soal nomor 1 sebesar 56,67%, nomor 2 sebesar 43,33%, nomor 3 sebesar 73,33%, dan nomor 4 sebesar 16,67%. Untuk persentase rata-rata kesalahan konsep sebesar 36,67%. Kesalahan prinsip dilakukan siswa pada soal nomor 2 sebesar 16,67% dengan rata-rata kesalahan prinsip sebesar 3,33%. Kesalahan operasi dilakukan siswa pada butir soal nomor 1, 2, 4, dan 5, dengan persentase kesalahan yang terjadi yaitu butir soal nomor 1 sebesar 13,33%, nomor 2 sebesar 10%, nomor 4 sebesar 60%, dan nomor 5 sebesar 66,67%. Untuk persentase rata-rata kesalahan operasi 30%. Kesalahan konsep dan operasi yang dilakukan siswa pada satu soal terjadi pada butir soal nomor 1 dan 5, dengan persentase kesalahan yang terjadi yaitu butir soal nomor 1 sebesar 20%, dan nomor 5 sebesar 16,67%. Untuk rata-rata kesalahan tersebut sebesar 6,67%. Kesalahan konsep dan prinsip yang dilakukan siswa terjadi pada butir soal nomor 2 sebesar 20%, dengan rata-rata kesalahan tersebut 3,33%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: (1) Drs. Sunardi, M.Pd., (II) Heru, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Identifikasi kesalahan, Sistem pertidaksamaan linier satu variabel
Subjects: Matematika > Aljabar
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 11 Mar 2019 03:41
Last Modified: 11 Mar 2019 03:41
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/3203

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.