SUNIA RAPITASARI, NIM 622021057 (2025) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH DAARUL ABROOR KECAMATAN MUARA SUGIHAN KABUPATEN BANYUASIN SUMATERA SELATAN

Sunia Rapitasari, NIM 622021057 (2025) SUNIA RAPITASARI, NIM 622021057 (2025) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH DAARUL ABROOR KECAMATAN MUARA SUGIHAN KABUPATEN BANYUASIN SUMATERA SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622021057_BAB I_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622021057_ BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
622021057_ BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
622021057_ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
622021057_ BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] Text
622021057_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
622021057_ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
62202057_ COVER_ SAMPAI_ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Sunia Rapitasari (622021057), Judul Skripsi: Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah Daarul Abroor Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan. Dengan rumusan masalah, 1) Bagaimana kompetensi pedagogic guru PAI Dalam meningkatkan motivasi siswa di Daarul Abroor. 2) Bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkankan strategi kompetensi pedagogik terhadap motivasi belajar siswa MA Daarul Abroor. 3) Apakah kendala yang dihadapi oleh guru PAI dalam memotivasi belajar siswa MA di pondok Daarul Abroor. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif untuk mengeksplorasi kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Pondok Daarul Abroor. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, lalu dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pondok Daarul Abroor dengan cara memperhatikan kebutuhan akademis dan pribadi siswa. Perhatian terhadap kebutuhan serta tantangan siswa memungkinkan guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih mendukung dan efektif, sehingga meningkatkan motivasi belajar siswa. Fokus penelitian adalah pentingnya kompetensi pedagogik guru dalam memperhatikan kebutuhan akademis dan pribadi siswa guna meningkatkan motivasi dan keterlibatan mereka dalam belajar. Dengan memahami kebutuhan dan tantangan yang dihadapi siswa, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih mendukung. Sehingga proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Secara keseluruhan, kompetensi pedagogik yang diterapkan oleh Guru Pendidikan Agama Islam di Pondok Daarul Abroor sudah cukup baik, dengan metode pengajaran yang efektif, meskipun ada sedikit kekurangan dalam penerapannya, yang pada gilirannya memberikan kontribusi positif terhadap proses belajar mengajar di lingkungan Daarul Abroor. 2) Guru Pendidikan Agama Islam di MA Daarul Abroor menggunakan strategi pengajaran aktif dan ekspositori serta kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Kombinasi metode pembelajaran aktif, pendekatan personal, pemahaman terhadap masalah siswa, dan dukungan melalui kegiatan ekstrakurikuler menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan di pondok Daarul Abroor.3) Guru Pendidikan Agama Islam di MA Daarul Abroor menghadapi kendala berupa faktor internal, baik dari guru maupun siswa. Beberapa guru masih kurang konsisten dalam pendekatan kepada siswa, sementara siswa mengalami tekanan sosial dan ekonomi yang mengganggu fokus belajar mereka. Untuk mengatasi kendala ini, Pondok Daarul Abroor berupaya membantu siswa secara ekonomi melalui program laziz pondok guna mengurangi beban finansial dan mendukung motivasi belajar mereka. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru PAI, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. Abu Hanifah M.Hum 2. Dr. Muhammad Zainuddin Nawi, Lc., MA
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru PAI, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metodelogi
Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 26 May 2025 02:59
Last Modified: 26 May 2025 02:59
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/31426

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.