ROSINA, NIM. 622021037 (2025) Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Kelas IX MTs Al-Hidayah Muara Telang Kecamatan Sumber Marga Telang Kabupaten Banyuasin. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622021037_ BAB I _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
622021037_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
|
![]() |
Text
622021037_ BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
|
![]() |
Text
622021037 _Bab VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
![]() |
Text
622021037 _BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
|
![]() |
Text
622021037_ DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
|
![]() |
Text
622021037_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
|
![]() |
Text
622021037_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
Abstract
Rosina (622021037), Judul Skripsi : Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Kelas IX MTs Al-Hidayah Muara Telang Sumber Marga Telang Kabupaten Banyuasin. Dengan rumusan masalah, (1) Bagaimana pelaksanaan pelajaran Aqidah Akhlak MTs Al-Hidayah Muara Telang Sumber Marga Telang Kabupaten Banyuasin. (2) Bagimana peran guru Aqidah Akhlak dalam mengatasi kenakalan siswa MTs Al-Hidayah Muara Telang Sumber Marga Telang Kabupaten Banyuasin. (3) Apa saja faktor pedukung dan penghambat guru Aqidah Akhlak dalam mengatasi kenakalan siswa MTs Al-Hidayah Muara Telang Sumber Marga Telang Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk menganalisis peran guru aqidah Akhlak dalam mengatasi kenakalan siswa MTs Al-Hidayah Muara Telang Sumber Marga Telang Kabupaten Banyuasin. Dengan metode teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang di dapat dari siswa, guru aqidah akhlak, setelah data terkumpul penelitian melakukan analisis data. Adapun latar belakang penelitian ini yaitu berfokus pada peran guru aqidah akhlak dalam mengatasi kenakalans siswa kelas IX MTs Al-Hidayah Muara Telang Sumber Marga Telang Kabupaten Banyuasin. Selain itu juga peneliti berupaya mengetahui Solusi jika terdapat faktor penghambar dalam mengatasi kenakalan siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan sebagai berikut, (1) Pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak MTs Al-Hidayah Muara Telang Sumber Marga Telang Kabupaten Banyuasin bertujuan membentuk karakter siswa sesuai nilai-nilai Isalami. Pembelajaran ini menekankan pemahaman konsep serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari untuk membentuk akhlak yang baik. (2) peran guru Aqidah Akhlak dalam mengatasi kenakalan siswa MTs Al-Hidayah Muara Telang Sumber Marga Telang Kabupaten Banyuasin sangat penting karena memberikan landasan moral yang kokoh terhadap nilai-nilai kebaikan, sementara akhlak menuntun perilaku siswa agar sesuai dengan norma agama dan sosial. (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat guru Aqidah Akhlak dalam mengatasi kenakalan siswa MTs Al-Hidayah Muara Telang Sumber Marga Telang Kabupaten Banyuasin dengan memahami faktor dan penghambat ini, guru Aqidah Akhlak dapat merancang strategi yang lebih efektif dalam mengatasi kenakalan siswa, dan menciptakan lingkungan sekolah yang lebih kondusif untuk pembentukan karakter. Kata Kunci :Peran Guru, Aqidah Akhlak, Kenakalan Siswa, MTs Al-Hidayah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Purmansyah Ariadi, S.Ag., M.Hum 2. Mustofa. S.Ag., M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci :Peran Guru, Aqidah Akhlak, Kenakalan Siswa, MTs Al-Hidayah |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Disipilin Sekolah |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 21 May 2025 03:06 |
Last Modified: | 21 May 2025 03:06 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/31343 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |