Linda Mutfiyah, NIM 622021059 (2025) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN IBADAH SHALAT FARDHU SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 076 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622021059_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
622021059_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
|
![]() |
Text
622021059_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
|
![]() |
Text
622021059_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
|
![]() |
Text
622021059_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
|
![]() |
Text
622021059_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
|
![]() |
Text
622021059_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
622021059_Cover_sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Linda Mutfiyah, 2025, Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Ibadah Sholat Fardhu Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 076 Palembang, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran, kelebihan dan keterbatasan, serta seberapa efektif film pembelajaran dibandingkan dengan video biasa dalam meningkatkan ibadah shalat wajib. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif, pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Sumber data primer dan sekunder digunakan. Selain itu, dalam proses analisis data kualitatif digunakan catatan lapangan, wawancara, dan sumber lainnya. Berdasarkan hasil penelitian, (1) Penggunaan bahan ajar berbasis video di SDN 076 Palembang untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang ibadah shalat wajib menunjukkan hasil yang baik. Siswa lebih cepat memahami ketika melihat video pembelajaran yang memuat gerakan shalat, tata cara, bacaan, dan penjelasan tentang rukun dan syarat shalat. Setelah menonton video, siswa menunjukkan peningkatan pemahaman ibadah shalat, dan evaluasi melalui tes praktik menunjukkan bahwa mereka mampu menerapkan pengetahuan yang diperoleh dengan baik. (2) Kelebihan dan kekurangan yang dihadapi dalam penggunaan video pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam. Kelebihannya yaitu, menjadikan pembelajaran lebih menarik, proses belajar menjadi efektif, siswa lebih menyimak dan konsentrasi, efisiensi waktu dan tenaga, dan dapat meningkatkan kualitas belajar. Adapun kekurangaannya meliputi, masalah teknis, pengelolaan waktu, kondisi kelas, dan keterbatasan interaksi. (3) Efektivitas Video Pembelajaran dibandingkan Video Pembelajaran Konvensional Dalam Meningkatkan Pemahaman Ibadah Shalat Fardhu yaitu video sebagai media pembelajaran mampu menarik perhatian siswa, meningkatkan motivasi belajar, Hal ini membuat siswa lebih terlibat aktif dalam proses belajar, dibandingkan dengan metode konvensional yang cenderung pasif dan membosankan. Dengan demikian, integrasi video dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat dijadikan alternatif yang baik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pemahaman siswa. Dengan modifikasi yang tepat, video pembelajaran dapat menjadi alat yang efektif untuk menyampaikan materi. Dengan demikian, penggunaan video sebagai media pembelajaran harus terus dipertahankan dan diciptakan untuk mencapai hasil pembelajaran sebaik mungkin. Kata Kunci : Media Interaktif, Video Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Dr.Ani Aryati.,S.Ag.,M.Pd.I 2. Nur Azizah.,S.Ag.,M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Media Interaktif, Video Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 21 May 2025 01:28 |
Last Modified: | 21 May 2025 01:28 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/31330 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |