NORA LISA, NIM. 622021075 (2025) Pengaruh Pembelajaran Ceramah dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al - Islam di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622021075_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (890kB) | Preview |
|
![]() |
Text
622021075_BAB II .pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
|
![]() |
Text
622021075_BAB III .pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
|
![]() |
Text
622021075_BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) |
|
![]() |
Text
622021075_BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
|
![]() |
Text
622021075_DAFTAR PUSTAKA .pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
|
![]() |
Text
622021075_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
622021075_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Pembelajaran Ceramah dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiyah 1 Palembang yang disusun oleh Nora Lisa (622021075). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana metode pembelajaran ceramah mampu memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Islam. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena di mana masih banyak siswa yang menunjukkan sikap pasif, kurang termotivasi, bahkan merasa jenuh dalam mengikuti mata pelajaran keagamaan. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang tepat agar proses pembelajaran menjadi lebih bermakna dan diminati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi-experiment) yang melibatkan dua kelompok siswa kelas XI sebagai subjek, yakni kelompok eksperimen yang menerima pembelajaran ceramah, dan kelompok kontrol yang diajar dengan metode konvensional. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, sedangkan data dikumpulkan melalui angket minat belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menggunakan uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kodua kelompok. Kelompok siswa yang menerima pembelajaran ceramah menunjukkan tingkat minat belajar yang lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelompok kontrol. Ini membuktikan bahwa metode ceramah, meskipun tradisional, tetap relevan dan efektif jika diterapkan secara variatif, komunikatif, dan interaktif. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa pembelajaran ceramah dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran yang efektif, terutama dalam konteks pelajaran yang membutuhkan pemahaman naratif dan nilai-nilai moral. Guru diharapkan dapat mengembangkan metode ceramah menjadi lebih dinamis dan tidak monoton, misalnya dengan menyisipkan tanya jawab, ilustrasi menarik, dan studi kasus agar siswa lebih antusias dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Kata kunci: pembelajaran ceramah, minat belajar, Al-Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr Sayid Habiburrahman, M.Pd. I 2. Hendri Nur Alam, S.E., M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: pembelajaran ceramah, minat belajar, Al-Islam. |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 21 May 2025 02:59 |
Last Modified: | 21 May 2025 02:59 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/31303 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |