ADINDA NURIL FADILAH, NIM. 622021028 (2025) STRATEGI GURU BACA TULIS AL-QUR'AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR'AN SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622021028 -BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
622021028 - BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
|
![]() |
Text
622021028 - BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
![]() |
Text
622021028 - BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
|
![]() |
Text
622021028 - BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
|
![]() |
Text
622021028 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
|
![]() |
Text
622021028 - LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
|
![]() |
Text
622021028_ Cover_Sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Adinda Nuril Fadilah (622021028), Judul Skripsi : Strategi Guru Baca Tulis Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana Strategi Guru Baca Tulis Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Palembang?. (2) Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung Strategi Guru Baca Tulis Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Palembang? Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif sebagai metodologi penelitiannya, yang dimana pendekatan ini digunakan untuk mengetahui atau menunjukkan fakta tentang peristiwa yang diteliti untuk membantu mendapatkan data yang objektif dengan mengumpulkan data yang objektif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru Baca Tulis Al-Qur’an dan siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru Baca Tulis Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan berbagai strategi termasuk pengenalan karakter siswa, penggunaan metode yang bervariasi, dan penguatan motivasi. Strategi yang diterapkan meliputi permainan hafalan, sistem setoran hafalan bertahap, dan kolaborasi antar siswa yang terbukti efektif dalam menjaga konsentrasi dan semangat siswa dalam menghafal. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam proses penghafalan. Faktor pendukung meliputi motivasi dari guru, dukungan orangtua dan lingkungan belajar yang kondusif. Sebaliknya, faktor penghambat seperti ketergantungan pada ponsel, rasa kantuk, dan kurangnya konsentrasi dapat menganggu proses penghafalan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pengajaran Al-Qur’an dan meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah berbasis Islam. Kata Kunci: Strategi, Baca Tulis Al-Qur’an, Menghafal Al-Qur’an, Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr.Sayid Habibburahman, M.Pd.I 2. Ayu Munawaroh, S.Ag., M.Hum |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Strategi, Baca Tulis Al-Qur’an, Menghafal Al-Qur’an, Siswa. |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 21 May 2025 02:56 |
Last Modified: | 21 May 2025 02:56 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/31284 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |