Analisis Penggunaan Shopeepaylater dalam Perilaku Konsumtif Mahasiswa Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palembang Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam

NAZRIA, NIM. 642021004 (2025) Analisis Penggunaan Shopeepaylater dalam Perilaku Konsumtif Mahasiswa Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palembang Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
642021004_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
642021004_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
642021004_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
642021004_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] Text
642021004_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
642021004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
642021004_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
642021004_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Shopeepaylater adalah fitur "beli sekarang, bayar nanti" yang ditawarkan oleh platform e-commerce Shopee. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membeli barang atau jasa secara kredit dan membayar tagihan tersebut di kemudian hari, biasanya dengan cicilan atau tenggat waktu tertentu. Ekonomi Islam adalah sistem ekonomi yang didasarkan pada prinsip-prinsip syariah atau hukum Islam. Sistem ini tidak hanya berfokus pada keuntungan materi, tetapi juga pada keadilan, kesejahteraan sosial, dan kepatuhan terhadap ajaran agama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan shopeepaylater dalam perilaku konsumtif mahasiswa Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palembang dari perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara terhadap 15 mahasiswa yang aktif menggunakan shopeepaylater. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ShopeePayLater memengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa, yang ditandai dengan pembelian impulsif dan pembelian barang-barang yang kurang penting. Faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa adalah faktor internal (kemudahan akses dan promosi) dan faktor eksternal (tekanan teman sebaya dan gaya hidup). Dari perspektif ekonomi Islam, penggunaan shopeepaylater mengandung unsur riba dan gharar, yang bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah. Oleh karena itu, disarankan agar mahasiswa lebih bijak dalam menggunakan shopeepaylater dan memprioritaskan pembelian barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan dan prinsip-prinsip ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. H. Rijalush Shalihin, S.E.I., M.H.I 2. Dr. Yahya, S.Pd.I., Lc., M.P.I
Uncontrolled Keywords: Shopeepaylater, Perilaku Konsumtif, Ekonomi Islam, Mahasiswa
Subjects: Ekonomi Syariah > Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 28 May 2025 06:19
Last Modified: 28 May 2025 06:19
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/31137

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.