PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN PENYELESAIAN SOAL MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG

DESMITA, NIM 332019004 (2025) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN PENYELESAIAN SOAL MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332019004_BAB I_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text
332019004_BAB II..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
332019004_BAB III..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
332019004_BAB IV..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
332019004_BAB V..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
332019004_BAB VI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
332019004_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
332019004_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img] Text
332019004_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50MB)

Abstract

Matematika merupakan pelajaran yang bersifat abstrak, salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk melibatkan siswa dalam menyelesaikan soal adalah pendekatan PMRI yang menjadi jembatan dalam proses belajar matematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan penyelesaian soal materi bentuk aljabar di kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiya 4 Palembang Tahun Ajaran 2023/2024 dengan sampel kelas VII.U2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.U3 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian true experimental design yaitu posstest-only control design. Berdasarkan perhitungan kemampuan penyelesaian soal matematika dengan menggunakan pendekatan PMRI yang berjumlah 35 siswa, diperoleh nilai rata-rata 75, 42 dan nilai standar deviasinya adalah 10,068 dan hasil kemampuan penyelesaian soal matematika tanpa menggunakan pendekatan PMRI yang berjumlah 35 siswa, diperoleh nilai rata-rata 61,33 dan standar deviasinya adalah 8,677. Setelah datanya dianalisis, diperoleh nilai thitung = 6,274 dan ttabel = 1,995. Ini berarti berada di daerah penolakan Ho artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, hipotesis Ha yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang berarti pendekatan PMRI terhadap kemampuan penyelesaian soal matematika materi bentuk aljabar di kelas VII SMPMuhammadiyah 4 Palembang, diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Bonita Hirza, M.Pd. 2. Heru, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), penyelesaian soal, bentuk aljabar.
Subjects: Matematika > Aljabar
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 17 May 2025 06:08
Last Modified: 17 May 2025 06:08
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/31082

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.