Melisa Yulianti, 642021023 (2025) Strategi Pemasaran Produk Indomaret Desa Muara pinang Baru Menurut Tinjauan Ekonomi Syariah ( studi kasus di desa muara pinang baru kecamatan muara pinang kabupaten empat lawang Sumatera selatan). Skripsi thesis, Universitas muhamadiyah palembang.
|
Text
642021023 _BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
642021023_ BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (722kB) |
|
![]() |
Text
642021023_ BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) |
|
![]() |
Text
642021023_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (753kB) |
|
![]() |
Text
642021023_ BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
|
![]() |
Text
642021023_ DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) |
|
![]() |
Text
642021023_ LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
642021023_ Cover_sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Melisa Yulianti, NIM 642021023, Skripsi yang berjudul “ Strategi Pemasaran Produk Indomaret Desa Muara Pinang Baru Menurut Tinjauan Ekonomi Syariah ( Studi Kasus di Desa Muara Pinang Baru Kecamatan Muara Pinang Kabupaten Empat Lawang Sumatera Selatan ) ”. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pemasaran produk yang diterapkan oleh indomaret di desa muara pinang baru, kecamatan muara pinang, kabupaten empat lawang,sumatra selatan, serta menilai kesesuaiannya dengan prinsip ekonomi syariah latar belakang penelitian ini berangkat dari meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya produk halal dan praktik bisnis yang etis sesuai dengan nilai-nilai islam, khususnya di wilayah mayoritas muslim. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran yang di terapkan oleh indomaret, seperti promosi langsung, layananan digital melalui aplikasi click indomareer, dan lokasi strategis, cukup efektif dan meningkatakan penjualan. Namun dari tinjuan ekonomi syariah masih terdapat tantangan dalam memastikan seluruh produk yang di pasarkan memenuhi kriteria dan thayyib. pentingnya bagi pelaku usaha ritel modern untuk lebih memperhatikan aspek transparansi, kejujuran, dan etika dalam setiap praktik pemasaran agar sejalan dengan nilai-nilai syariah. Penelitian ini memberikan kontibusi terhadap pengenbangan strategi pemasaran etis yang sesuai dengan konteks masyarakat muslim lokal. Hasil penelitian ini Strategi pemasaran marketing mix(bauran pemasaran )yang mencakup strategipemasaran,harga,promosi dan distribusi(tempat ).Tinjauan ekonomi syariah, menujuk pada kebijakan yang menganalisis prinsip-psinsip ekonomi berdasarkan ajaran islam.secara umum ekonomi syariah menekankan pada keadilan, keseimbangan dan kepatuhan terhadap hukum-hukum islam dalam aktivitas ekonomi. Adapun prinsip-prinsip utama dalam ekonomi syariah seperti : larangan riba ( bunga ), larangan gharar ( ketidakpastian berlebihan ), zakat dan sadaqah, investasi yang halal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1.Rina Dwi Wulandari, S.E.,M.Si 2.Nur Azizah, S.Ag.M.pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci :strategi pemasaran, Indomaret, ekonomi syari'ah, produk |
Subjects: | Ekonomi dan Bisnis Ekonomi Islam Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 16 May 2025 03:24 |
Last Modified: | 16 May 2025 03:24 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/30947 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |