Indri Rahmawati, 622021063 (2025) Indri Rahmawati, Nim. 622021063 (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX DI MTS MIFTAHUL ULUM MUARA SUGIHAN BANYUASIN SUMATERA SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622021063_BAB I_DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version Download (958kB) | Preview |
|
![]() |
Text
622021063_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
|
![]() |
Text
622021063_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
![]() |
Text
622021063_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
|
![]() |
Text
622021063_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
|
![]() |
Text
622021063_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
|
![]() |
Text
622021063_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (861kB) |
|
![]() |
Text
622021063_Cover_Sampai_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Indri Rahmawati (622021063), Judul Skripsi: Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX Di MTs Miftahul Ulum Muara Sugihan Banyuasin Sumatera Selatan. Dengan rumusan masalah, 1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX di MTs Miftahul Ulum Muara Sugihan Banyuasin Sumatera Selatan. 2) Bagaimana problematika yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX di MTs Miftahul Ulum Muara Sugihan Banyuasin Sumatera Selatan. 3) Apakah upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX di MTs Miftahul Ulum Muara Sugihan Banyuasin Sumatera Selatan. Penelitian ini menyelidiki peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metodologi kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi dengan guru Pendidikan Agama Islam di MTs Miftahul Ulum Muara Sugihan Banyuasin Sumatera Selatan. Setelah data dikumpulkan peneliti menganalisisnya menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Latar belakang penelitian ini berfokus pada peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX di MTs Miftahul Ulum Muara Sugihan Banyuasin Sumatera Selatan danmenciptakan lingkungan belajar yang positif meskipun dalam keterbatasan fasilitas. Guru tidak hanya harus mengajarkan materi pelajaran, tetapi juga harus membimbing siswa dalam pengembangan diri dan moral serta mimbimbing siswa agar prestasi belajar siswa lebih meningkat. Kesimpulan penelitian ini menemukan bahwa guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui bimbingan, keteladanan, dan motivasi. Meskipun menghadapi berbagai kendala, upaya yang dilakukan dengan metode inovatif dan lebih personal dapat membantu siswa belajar lebih baik. Kata Kunci: Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Azwar Hadi, S.Ag,.M.Pd.I 2. Yuniar Handayani, SH.,MH |
Uncontrolled Keywords: | Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Prestasi Belajar. |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 22 May 2025 01:36 |
Last Modified: | 22 May 2025 01:36 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/30879 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |