Indri Rahmawati, Nim. 622021063 (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX DI MTS MIFTAHUL ULUM MUARA SUGIHAN BANYUASIN SUMATERA SELATAN.

Indri Rahmawati, 622021063 (2025) Indri Rahmawati, Nim. 622021063 (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX DI MTS MIFTAHUL ULUM MUARA SUGIHAN BANYUASIN SUMATERA SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622021063_BAB I_DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (958kB) | Preview
[img] Text
622021063_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
622021063_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
622021063_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text
622021063_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] Text
622021063_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
622021063_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (861kB)
[img] Text
622021063_Cover_Sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Indri Rahmawati (622021063), Judul Skripsi: Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX Di MTs Miftahul Ulum Muara Sugihan Banyuasin Sumatera Selatan. Dengan rumusan masalah, 1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX di MTs Miftahul Ulum Muara Sugihan Banyuasin Sumatera Selatan. 2) Bagaimana problematika yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX di MTs Miftahul Ulum Muara Sugihan Banyuasin Sumatera Selatan. 3) Apakah upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX di MTs Miftahul Ulum Muara Sugihan Banyuasin Sumatera Selatan. Penelitian ini menyelidiki peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metodologi kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi dengan guru Pendidikan Agama Islam di MTs Miftahul Ulum Muara Sugihan Banyuasin Sumatera Selatan. Setelah data dikumpulkan peneliti menganalisisnya menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Latar belakang penelitian ini berfokus pada peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX di MTs Miftahul Ulum Muara Sugihan Banyuasin Sumatera Selatan danmenciptakan lingkungan belajar yang positif meskipun dalam keterbatasan fasilitas. Guru tidak hanya harus mengajarkan materi pelajaran, tetapi juga harus membimbing siswa dalam pengembangan diri dan moral serta mimbimbing siswa agar prestasi belajar siswa lebih meningkat. Kesimpulan penelitian ini menemukan bahwa guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui bimbingan, keteladanan, dan motivasi. Meskipun menghadapi berbagai kendala, upaya yang dilakukan dengan metode inovatif dan lebih personal dapat membantu siswa belajar lebih baik. Kata Kunci: Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Azwar Hadi, S.Ag,.M.Pd.I 2. Yuniar Handayani, SH.,MH
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Prestasi Belajar.
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 22 May 2025 01:36
Last Modified: 22 May 2025 01:36
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/30879

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.