Fika Lailatus Salamah, Nim. 622021086 (2025) PENGARUH PENDIDIKAN PESANTREN TERHADAP KEDISIPLINAN IBADAH SANTRI DI MADRASAH ALIYAH PONDOK MODERN DAARUL ABROOR MUARA SUGIHAN BANYUASIN.

Fika Lailatus Salamah, NIM 622021086 (2025) Fika Lailatus Salamah, Nim. 622021086 (2025) PENGARUH PENDIDIKAN PESANTREN TERHADAP KEDISIPLINAN IBADAH SANTRI DI MADRASAH ALIYAH PONDOK MODERN DAARUL ABROOR MUARA SUGIHAN BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622021086_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622021086_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
622021086_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
622021086_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
622021086_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
622021086_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
622021086_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
622021086_Cover_sampai_Lampiran .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Fika Lailatus Salamah, Nim 622021086, Skripsi dengan Judul: Pengaruh Pendidikan Pesantren Terhadap Kedisiplinan Ibadah Santri Di Madrasah Aliyah Pondok Modern Daarul Abroor Muara Sugihan Banyuasin, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Ani Aryati, (2) Antoni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran, kedisiplinan ibadah santri, serta pengaruh pendidikan pesantren terhadap kedisiplinan ibadah santri di Madrasah Aliyah Pondok Modern Daarul Abroor. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakana adalah melalui metode angket, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, uji t dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Proses pembelajaran di Pondok Modern Daarul Abroor mengikuti sistem Mu'allimin (KMI), yang tidak lagi menggunakan sistem (kurikulum) pemerintah. Sistem ini menggabungkan studi agama dengan pendidikan umum, mengajarkan mata pelajaran seperti geografi, fisika, dan pelajaran lainnya. Metode pengajaran yang digunakan meliputi ceramah, hafalan, tanya jawab, dan metode tradisional "sorogan". Pendidikan tidak hanya diberikan di dalam kelas, tetapi juga di luar lingkungan kelas dengan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan santri menjadi individu yang berkarakter mulia dan berakhlak baik. 2. Kedisiplinan ibadah santri di Pondok Modern Daarul Abroor merupakan suatu sikap kepatuhan santri terhadap norma yang telah ditetapkan di Pondok untuk menjalankan ibadah sehari-hari. 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan pesantren memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kedisiplinan ibadah santri di Madrasah Aliyah Pondok Modern Daarul Abroor. Adapun besar pengaruh pendidikan pesantren terhadap kedisiplinan ibadah santri sebesar 0,128 (R-Square) atau 12,8%. Dengan pengaruh pendidikan pesantren sebesar 12,8% maka sisanya 87,2% itu dari faktor lainnya yang bisa mempengaruhi kedisiplinan ibadah santri di Madrasah Aliyah Pondok Modern Daarul Abroor Muara Sugihan Banyuasin. Kata Kunci: Pendidikan, Pesantren, Kedisiplinan Ibadah Santri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Ani Aryati, S.Ag., M. Pd. I 2. Dr. Antoni, M.H. I
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Pesantren, Kedisiplinan Ibadah Santri
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Disipilin Sekolah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 19 May 2025 03:15
Last Modified: 19 May 2025 03:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/30867

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.