PERAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SD MUHAMMADIYAH 36 ARISAN GADING OGAN ILIR

SINTA FITRIANA, NIM 622021050 (2025) PERAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SD MUHAMMADIYAH 36 ARISAN GADING OGAN ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622021050_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
622021050_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
622021050_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
622021050_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
622021050_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
622021050_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
622021050_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
622021050_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Sinta Fitriana,2025,PERAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SD MUHAMMADIYAH 36 ARISAN GADING OGAN ILIR, Program Studi Pendidikan Agama Islam ,Universitas Muhammadiyah Palembang Pembimbing : (1) Dr. Azwar Hadi,S.Ag. M.Pd.I ,(2) Hendri Nur Alam,S.E.M.SI Rumusan masalah penilitian ini ialah: (1) kompetensi profesional guru di SD Muhammadiyah 36 Arisan Gading Ogan Ilir, (2) peran kompetensi profesional dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, dan (3) faktor-faktor yang mempengaruhinya. Kemudian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rumusan masalah tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru masih bervariasi, di mana beberapa guru belum sepenuhnya menguasai materi yang diajarkan dan masih bergantung pada teknologi dalam pembelajaran. Kompetensi professional berperan penting dalam efektivitas pembelajaran, terutama dalam penyampaian materi, metode pengajaran, serta pengelolaan kelas. Faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi guru meliputi latar belakang pendidikan, pelatihan yang diikuti, pengalaman mengajar, serta dukungan dari institusi pendidikan. Oleh karena itu, peningkatan pelatihan, evaluasi berkala, serta penerapan metode pembelajaran inovatif menjadi langkah strategis dalam meningkatkan kompetensi profesional guru dan kualitas pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Azwar Hadi, S.Ag.,M.Pd.I 2. Hendri Nur Alam S.E.,M.SI
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Peran Guru, Kualitas Pembelajaran, Faktor Kompetensi
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 17 May 2025 04:17
Last Modified: 17 May 2025 04:17
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/30809

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.