AMELIANI, NIM 622021070 (2025) IMPLEMENTASI METODE HAFALAN DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADIS DI PONDOK MODERN DAARUL ABROOR MUARA PADANG BANYUASIN SUMATERA SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622021070_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (686kB) | Preview |
|
![]() |
Text
622021070_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) |
|
![]() |
Text
622021070_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
|
![]() |
Text
622021070_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
|
![]() |
Text
622021070_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
|
![]() |
Text
622021070_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
![]() |
Text
622021070_Cover_sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Ameliani, 2025, Implementasi Metode Hafalan Terhadap Pembelajaran Al-Qur’an Hadis di Pondok Modern Daarul Abroor Kecamatan Muara Padang Banyuasin Sumatera Selatan, Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana implementasi metode hafalan, dan apa faktor pendukung dan penghambat implementasi metode hafalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode hafalan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, adapun alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah dat primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan catatan lapangan, wawancara, dan sumber lainnya. Latar belakang penelitian ini adalah salah satunya metode hafalan, metode hafalan merupakan salah satu pendekatan utama dalam pembelajaran di pondok pesantren, termasuk di Pondok Modern Daarul Abroor. Metode ini bertujuan tidak hanya untuk melatih daya ingat santri terhadap ayat Al-Qur’an dan hadis, tetapi juga untuk menanamkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari. Namun, dalam pelaksanaannya, metode ini menghadapi berbagai tantangan, seperti perbedaan kemampuan hafalan antar santri dan kecenderungan hafalan yang bersifat mekanis tanpa pemahaman mendalam. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi metode hafalan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis di Pondok Modern Daarul Abroor, serta menganalisis efektivitas dan kendala yang dihadapi dalam proses pembelajarannya. Dari hasi penelitian, (1) Implementasi Metode Hafalan Terhadap Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Di Pondok Modern Daarul Abroor Kecamatan Muara Padang Banyuasin Sumatera Selatan menunjukkan bahwa metode hafalan yang diterapkan di Pondok Modern Daarul Abroor cukup efektif dalam meningkatkan hafalan santri, didukung oleh lingkungan pesantren yang kondusif, bimbingan intensif dari para pembimbing, serta rutinitas muraja’ah yang terstruktur membantu santri dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas hafalan mereka.(2) faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam proses implemntasi metode hafalan di Pondok Modern Daarul Abroor. Faktor pendukungnya yaitu, peran guru, motivasi walisantri, dan penggunaan bahasa Arab. Adapun faktor penghambatny meliputi kemampuan membaca yang belum merata dan waktu yang terbatas. Kata Kunci: Implementasi, Metode Hafalan, Pembelajaran Al-Qur’an Hadis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Purmansyah Ariadi.S.Ag., M.Hum 2. Dr. Muhammad Zainuddin Nawi,Lc., M.A |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Implementasi, Metode Hafalan, Pembelajaran Al-Qur’an Hadis |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 14 May 2025 06:16 |
Last Modified: | 14 May 2025 06:18 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/30752 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |