HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI MEMBANDINGKAN BILANGAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI DI KECAMATAN SAKO

JULIANA AYU SAFITRI, NIM. 332014011 (2019) HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI MEMBANDINGKAN BILANGAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI DI KECAMATAN SAKO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332014011_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text
332014011_BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (954kB)

Abstract

ABSTRAK Safitri, Juliana Ayu. 2019. Hasil belajar matematika materi membandingkan bilangan pecahan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Sako. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. Bonita Hirza, M.Pd. (II) Nyimas Inda K, S.Si.,M.Pd. Kata Kunci: pendekatan pembelajaran realistic mathematics education Pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran realistic mathematics education adalah pembelajaran matematika yang berkaitan dengan realita dan aktivitas manusia. Pembelajaran ini memberikan kesempatan siswa untuk menemukan ide dan konsep matematika yang relevan dengan situasi sehari-hari. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana hasil belajar matematika materi membandingkan bilangan pecahan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran RME pada siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Sako?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah “Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika materi membandingkan bilangan pecahan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran RME pada siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Sako”. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah SMP Negeri yang berada di kawasan Kecamatan Sako. Dengan sampelnya dipilih dengan teknik simple random sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Sampel dalam penelitian ini adalah 40% dari 3 SMP Negeri di Kecamatan Sako. Dengan sampel sebanyak 61 siswa. Pengumpulan data didapat dari hasil tes yang telah dilakukan berupa soal-soal berbentuk essai dengan soal sebanyak 4 soal. Dari data yang terkumpul diperoleh nilai rata-rata x = 74,61 dan nilai standar deviasi s = 13,563. Adapun hasil belajar siswa yang didapat berdasarkan perhitungan analisis data hasil perhitungan menggunakan uji pihak kiri didapatkan hasil thitung < ttabel, dimana thitung = -3,106 dan ttabel = -3, yang berarti penolakan H0, dan Ha diterima, yang menyatakan “Hasil belajar matematika materi membandingkan bilangan pecahan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran RME pada siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Sako termasuk dalam kategori baik”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Bonita Hirza, M.Pd. 2. Nyimas Inda Kusumawati, S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pendekatan pembelajaran realistic mathematics education
Subjects: Matematika > Ilmu Hitung
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 05 Mar 2019 04:21
Last Modified: 05 Mar 2019 04:21
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/3064

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.