Akbar Periyus, NIM. 342014065 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Disertai Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Protista Di SMA YWKA Palembang. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
342014065_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
342014065_BAB II_SAMPAI_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Periyus, Akbar. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share disertai Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Protista di SMA YWKA Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. Sri Wardhani, M.Si (II) Tutik Fitri Wijayanti, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: think pair share, peta konsep, hasil belajar, protista Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share disertai peta konsep terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi protista di SMA YWKA Palembang, 2) untuk mengetahui perbedaan antara hasil akhir belajar menggunakan model Think Pair Share disertai peta konsep dan pendekatan Scientific Learning. Metode penelitian digunakan yaitu Quasi Experiment dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Subyek penelitian adalah kelas X IPA di SMA YWKA Palembang, teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Tes untuk kognitif diberikan sebelum dan sesudah perlakuan, selanjutnya lembar observasi untuk afektif dan psikomotorik diberikan selama proses pembelajaran. Data untuk kognitif dianalisis menggunakan paired samples t test dan independent samples t test, selanjutnya data afektif dan psikomotorik yang dianalisis persentase menggunakan program SPSS versi 23,00. Hasil rekapitulasi persentase nilai sangat baik dari afektif dan psikomotorik lebih tinggi yaitu kelas eksperimen. Selanjutnya Hasil paired samples t test dan independent samples t test menunjukkan bahwa signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, artinya model pembelajaran Think Pair Share disertai peta konsep berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan terdapat perbedaan model pembelajaran Think Pair Share disertai peta konsep terhadap hasil akhir belajar dengan pendekatan Scientific Learning.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Sri Wardhani, M.Si 2. Tutik Fitri Wijayanti, S.Pd., M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: think pair share, peta konsep, hasil belajar, protista |
Subjects: | Biologi > Protozoa |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 05 Mar 2019 03:31 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 03:31 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/3060 |
Actions (login required)
View Item |