PERAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 3 PALEMBANG

Marlina, NIM. 622021010 (2025) PERAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 3 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622021010_BAB_1_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622021010_ BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img]
Preview
Text
622021010_ BAB III.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
622021010_ BAB IV.pdf

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
622021010_ BAB V.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
622021010_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
622021010_ Cover_Sampai_Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul peran lingkungan belajar siswa dalam meningkatkan kualitas belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah Palembang, permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran lingkungan belajar siswa dalam meningkatkan kualitas belajar Pendidikan Agama Islam Di SMK Muhammadiyah 3 Palembang, apa faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 3 Palembang, bagaimana upaya peran lingkungan belajar siswa dalam meningkatkan kualitas belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 3 Palembang. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Kuliner di SMK Muhammadiyah 3 Palembang. Teknik pengumpulan data melalui Observasi atau pengamatan secara langsung di SMK Muhammadiyah 3 Palembang, wawancara kepada kepala sekolah, guru PAI, siswa kelas X kuliner, serta tanggapan dari wali siswa dan dokumentasi serta teknik analisis data menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di SMK Muhammadiyah 3 Palembang. Berdasarkan hasil observasi peran lingkungan belajar siswa dalam meningkatkan kualitas belajar pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 3 Palembang lingkungan fisik di SMK Muhammadiyah 3 Palembang bersih dan rapih, guru yang berkompeten, terdapat sarana dan prasarana yang membantu. Faktor penghambat kualitas belajar PAI di SMK Muhammadiyah 3 Palembang adalah mulai dari diwalnya masih ada guru yang kurang berkompeten di bidangnya, kurang memadainya fasilitas sekolah, suasana kelas yang kurang kondusif, kurangnya literasi siswa terkait PAI, dinding kelas yang tidak tertutup sempurna. Upaya peran lingkungan belajar siswa dalam meningkatkan kualitas belajar PAI di SMK Muhammadiyah 3 Palembang adalah program-program sekolah seperti sholat dhuha, Gemar Membaca Al-Qur’an (GEMA), Kuliah Tujuh Menit (KULTUM), dan Muhadhoroh. Interaksi sosial yang baik yang oleh seluruh warga sekolah SMK Muhammadiyah 3 Palembang, guru yang berkompeten, guru yang bisa menjadi contoh tauladan yang baik dan bisa memilih metode belajar yang tepat. Bantuan dari wali siswa, dengan memberi dukungan semangat dan dukungan ekonomi untuk siswa di sekolah. Dengan semua upaya tersebut siswa dapat meningkatkan kualitas belajar PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Suroso.PR, S.Ag.,M.Pd.I 2. H. Rijalush Shalihin, S.E.I.,M.H.I
Uncontrolled Keywords: Peran,Lingkungan Belajar,Kualitas Belajar PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 08 May 2025 04:24
Last Modified: 08 May 2025 04:24
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/30498

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.