ELEN PURNAMASARI, NIM. 332014007 (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS)DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED MATERI PECAHAN DI KELAS VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
332014007_BAB_I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) | Preview |
|
Text
332014007_BAB_II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) |
Abstract
Purnamasari, Elen. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan Pendekatan Open-Ended Materi Pecahan Di Kelas VII SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Drs. Syaifudin, M.Pd., (II) Muslimin, M.Pd. Kata Kunci : pengembangan, LKS, Open-Ended, bilangan pecahan. Rendahnya nilai siswa pada materi bilangan pecahan dikarenakan perangkat pembelajaran yang digunakan sulit untuk dipahami oleh peserta didik. Sehingga menyebabkan kurangnya motivasi bagi peserta didik untuk mempelajari matematika terutama pada materi bilangan pecahan. Bahan ajar yang dapat digunakan salah satunya adalah Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Pembelajaran akan lebih efektif apabila siswa dapat menemukan sendiri konsep yang akan dipelajarinya, berdasarkan teori belajar pendekatan open-ended pada pelaksanaan pembelajaranya siswa dihadapkan dengan masalah terbuka yang menghendaki jawaban atau solusi dengan banyak cara penyelesaiannya. Masalah dalam penelitian ini: (1) Bagaimana mengembangkan LKS berbasis pendekatan open-ended pada materi pecahan kelas VII SMP yang valid dan praktis ? (2) Bagaimana mengembangkan LKS berbasis pendekatan open-ended pada materi pecahan kelas VII SMP yang valid dan praktis ? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menghasilkan LKS berbasis pendekatan open-ended pada materi pecahan kelas VII SMP yang valid dan praktis. (2) Untuk mengetahui efek potensial dari LKS berbasis pendekatan open-ended terhadap hasil belajar siswa SMP kelas VII. Pengembangan perangkat pembelajaran lembar kegiatan siswa (LKS) pembelajaran ini dilakukan mengikuti dua tahap utama yaitu tahap preliminary (tahap persiapan) serta tahap formative evaluation. berdasarkan analisis produk, diperoleh lembar kegiatan siswa (LKS) yang valid dan praktis. Valid terlihat dari hasil penilaian dari ahli (validator) yang mengatakan bahwa lembar kegiatan siswa (LKS) yang dikembangkan sudah baik, berdasarkan kontent, konstruk dan bahasa. Praktis dilihat dari uji coba small group dimana siswa dapat menggunakan LKS dengan mudah. Berdasarkan hasil belajar siswa kelas VII3 yang dilakukakan secara individu diperoleh rata-rata 90,78 termasuk kategori baik. Berdasarkan hasil tes kemampuan akhir siswa tersebut diperoleh bahan ajar yang memiliki efek potensial.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Drs. Syaifudin, M.Pd 2. Muslimin, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, LKS, Open-Ended, bilangan pecahan. |
Subjects: | Matematika > Aljabar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 06 Mar 2019 02:58 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 02:58 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/3023 |
Actions (login required)
View Item |