PENGARUH METODE QUANTUM LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SUMBER AGUNG KECAMATAN KELUANG KABUPATEN MUSI BANYUASIN

PURWANTI, NIM. 312010174 (2014) PENGARUH METODE QUANTUM LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SUMBER AGUNG KECAMATAN KELUANG KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312010174_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
312010174_BAB II_sampai_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian adalah siswa mengalami kesulitan menuangkan gagasannya kedalam Bahasa tulis dan sulit menggunakan kalimat yang efektif. Masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh Metode quantum learning terhadap Keterampilan menulis Narasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri Samber Agung Kecamatan Keluang Kahupaten Musi Banyuasin? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan) pengaruh metode quantum learning terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Negeri Sumber Agung Kecamatan Keluang kabupaten Musi Banyuasin. Populasi dalam penelitian ini 44 siswa kelas V SD Negeri Keluang kabupaten Musi Banyuasin dan sampel yang diambil dalam peneliti ini sebanyak 44 siswa karena jumlah siswa seluruh kelas V kurang dari 100 maka sampel penelitian ini merupakan penelitian populasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen mengunakan pre-tes dan one group design 2 yang terdiri dari tes awal sebelum mengunakan metode quantum learning dan tes akhir sesudah mengunakan metode quantum learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik tes, angket dan wawancara. Data yang diperoleh dari hasil tes dianalisis dengan normalitas data, uji kesamaan Varian, dan pengu]ian hipotesis mengunakan statistik uji t. Hasil dari penelitian dan pembahasan diperoleh simpulan yaitu ada pengaruh metode quantum learning dalam menulis narasi siswa kelas SD Negeri Sumber Agung Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin signifikan karena terbukti bahwa "t0" lebih tesar dari pada "t-tabel" pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil tes siswa, setelah membandingkan hasil tes awal dan tes akhir diperoleh bahwa t0 > t-tabel, yaitu 23,61>1,674 pada taraf signifikan 5% dengan d.b 43 dan adanya perbedaan nilai rata-rata tes awal dan tes akhir. Tes awal sebelum megunakan metode quantum learning memperoleh nilai rata-rata 65.15 dan tes akhir setelah mengunakan metode quantum learning memperoleh nilai rata- rata 76,68. Dengan demikian, hipotesis yang dikemukakan yaitu "ada pengaruh metode quantum learning dalarn menulis narasi siswa V SD Negeri Sumber Agung Kecamatan Keluang kabupaten Musi banyuasin "terbukti kebenarannya dan dapat diterima". Kata Kunci: pengaruh metode Quanlum learning, keterampilan, menulis narasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs.H.M. Syarkowi Nur 2. Surismiati, S.Pd.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh metode Quanlum learning, keterampilan, menulis narasi.
Subjects: Bahasa Indonesia > Sistem Penulisan dan Fonologi Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Irwan syah
Date Deposited: 28 Feb 2019 05:03
Last Modified: 28 Feb 2019 05:03
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/2975

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.