UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIRE SNOWBALL THROWING PADA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR Dl KELAS VII.2 SMP YPS PRABUMULIH

DESTRY RIKE HERIYANI, NIM. 332014017 (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIRE SNOWBALL THROWING PADA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR Dl KELAS VII.2 SMP YPS PRABUMULIH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332014017_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
332014017_BAB II_sampai_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Bedasarkan basil observasi yang dilakukan peneliti dengan guru matematika kelas VII.2 SMP YPS Prabumulih, menemukan permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada materi operasi bentuk aljabar. Hal ini dipengaruhi pada pembelajaran yang dilakukan siswa kurang aktif, kegiatan belajar mengajar yang berlangsung kurang menyenangkan, masih banyak siswa yang masih kurang terbiasa berdiskusi, kurang berinteraksi dan saling mengemukakan pendapat, dimana hanya sebagian siswa yang aktif dalam berdiskusi khususnya siswa yang cukup memahami materi, sedangkan siswa yang kurang memahami materi hanya bercerita. Oleh karena itu digunakan pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 3 siklus, yaitu masing-masing siklus terdiri dari pelaksanaan, perencanaan, pengematan, dan refleksi. Pengumpulan data yang diperlukan adalah observasi, tes dan angket. Diperoleh kesimpuian bahwa : (1) Peningkatan tersebut dapat diiihat dari hasii belajar siswa melalui pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada materi perkalian bentuk aljabar yaitu dari 34 siswa yang mengikuti tes siklus I terdapat 15 siswa atau 44.71% siswa yang mencapal nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (K K M), selajutnya Pada materi pembagian bentuk aljabar yaitu dari 34 siswa yang mengikuti tes siklus II terdapat 21 siswa atau 61 siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), berikutnya pada materi penyederhanaan bentuk aljabr siklus Ill terdapat 25 siswa atau 73.76% siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), hal ini menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dari setiap siklus. (2) Berdasarkan hasil lembar angket respon siswa terhadap pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing sangat positif Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa belajar dengan menggunakan pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada materi operasi bentuk aljabar dapat meningkatkan hasil belajar siSwa kelas VII.2 SMP YPS Prabumulih. Kata kunci : hasil belajar, operasi bentuk aljabar, pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Sunardi, M.Pd. 2. Luvi Antari, S.Pd.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, operasi bentuk aljabar, pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing.
Subjects: Matematika > Simulasi Matematis
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Irwan syah
Date Deposited: 28 Feb 2019 06:52
Last Modified: 28 Feb 2019 06:52
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/2973

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.