EVALUASI DAMPAK PENGGUNAAN CHATGPT DAN PENERIMAANNYA OLEH MAHASISWA: PERSPEKTIF MODEL UTAUT (STUDI KASUS: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG)

NURLAYLI INDAH SARI, NIM. 162020060 (2024) EVALUASI DAMPAK PENGGUNAAN CHATGPT DAN PENERIMAANNYA OLEH MAHASISWA: PERSPEKTIF MODEL UTAUT (STUDI KASUS: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
162020060_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
162020060_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)
[img] Text
162020060_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
162020060_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
[img] Text
162020060_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] Text
162020060_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
162020060_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
162020060_COVER_sampai_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan ChatGPT dalam proses pembelajaran mahasiswa serta faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan penggunaan ChatGPT di lingkungan Universitas Muhammadiyah Palembang. Metode kuantitatif diterapkan dengan menggunakan teori UTAUT-3 sebagai model penelitian. Kuisioner disebarkan kepada 384 mahasiswa aktif di lingkungan tersebut, dan pengujian model dilakukan dengan metode PLS-SEM menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil analisis statistik, terbukti secara empiris bahwa Harapan Kinerja (Performance Expectancy), Kebiasaan (Habit), dan Keinovatifan Personal (Personnal Innovativeness) memperngaruhi niat mahasiswa dalam mengadopsi teknologi ChatGPT. Selain itu, faktor Kebiasaan (Habit) dan Niat Perilaku (Behaviour Intention) terbukti mempengaruhi perilaku mahasiswa terhadap penggunaan ChatGPT dalam kegiatan pembelajaran mereka. Hasil analisis deskriptif data menunjukkan bahwa nilai mean semua variabel > 3. Hal ini mengindikasikan bahwa secara umum, responden setuju bahwa; 1) ChatGPT mampu meningkatkan produktivitas belajar mereka, 2) Interaksi dengan teknologi ChatGPT berjalan tanpa masalah, 3) Lingkungan sekitar mempengaruhi mereka menggunakan ChatGPT, 4) Responden tertarik dan senang menggunakan ChatGPT, 5) Penggunaan ChatGPT sudah menjadi kebiasaan bagi mereka, 6) Responden bersedia mencoba ChatGPT karena kecenderungan sebagai penggerak awal, 7) Responden siap untuk mengadopsi teknologi ChatGPT, dan 8) Responden sering menggunakan ChatGPT. Penemuan ini memberikan pemahaman yang lebih baik penerimaan dan penggunaan ChatGPT dalam konteks pendidikan di Universitas Muhammadiyah Palembang. Bagi Penelitian selanjutnya, disarankan untuk mempertajam fokus penelitian pada persepsi pengguna lain (seperti dosen atau administrator) karena studi ini masih terbatas pada persepsi mahasiswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Apriansyah, S.Kom.,M.Kom., 2. Jimmie, S.Kom., M.Kom
Uncontrolled Keywords: Artificial Intelligence, ChatGPT, UTAUT 3, Mahasiswa, Universitas Muhammadiyah Palembang
Subjects: Teknologi informasi > ilmu informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 28 May 2024 05:17
Last Modified: 28 May 2024 05:17
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/29572

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.