NURLAYLI INDAH SARI, NIM. 162020060 (2024) EVALUASI DAMPAK PENGGUNAAN CHATGPT DAN PENERIMAANNYA OLEH MAHASISWA: PERSPEKTIF MODEL UTAUT (STUDI KASUS: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.
|
Text
162020060_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
162020060_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (770kB) |
||
Text
162020060_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
162020060_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (804kB) |
||
Text
162020060_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
Text
162020060_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
Text
162020060_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
162020060_COVER_sampai_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan ChatGPT dalam proses pembelajaran mahasiswa serta faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan penggunaan ChatGPT di lingkungan Universitas Muhammadiyah Palembang. Metode kuantitatif diterapkan dengan menggunakan teori UTAUT-3 sebagai model penelitian. Kuisioner disebarkan kepada 384 mahasiswa aktif di lingkungan tersebut, dan pengujian model dilakukan dengan metode PLS-SEM menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil analisis statistik, terbukti secara empiris bahwa Harapan Kinerja (Performance Expectancy), Kebiasaan (Habit), dan Keinovatifan Personal (Personnal Innovativeness) memperngaruhi niat mahasiswa dalam mengadopsi teknologi ChatGPT. Selain itu, faktor Kebiasaan (Habit) dan Niat Perilaku (Behaviour Intention) terbukti mempengaruhi perilaku mahasiswa terhadap penggunaan ChatGPT dalam kegiatan pembelajaran mereka. Hasil analisis deskriptif data menunjukkan bahwa nilai mean semua variabel > 3. Hal ini mengindikasikan bahwa secara umum, responden setuju bahwa; 1) ChatGPT mampu meningkatkan produktivitas belajar mereka, 2) Interaksi dengan teknologi ChatGPT berjalan tanpa masalah, 3) Lingkungan sekitar mempengaruhi mereka menggunakan ChatGPT, 4) Responden tertarik dan senang menggunakan ChatGPT, 5) Penggunaan ChatGPT sudah menjadi kebiasaan bagi mereka, 6) Responden bersedia mencoba ChatGPT karena kecenderungan sebagai penggerak awal, 7) Responden siap untuk mengadopsi teknologi ChatGPT, dan 8) Responden sering menggunakan ChatGPT. Penemuan ini memberikan pemahaman yang lebih baik penerimaan dan penggunaan ChatGPT dalam konteks pendidikan di Universitas Muhammadiyah Palembang. Bagi Penelitian selanjutnya, disarankan untuk mempertajam fokus penelitian pada persepsi pengguna lain (seperti dosen atau administrator) karena studi ini masih terbatas pada persepsi mahasiswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Apriansyah, S.Kom.,M.Kom., 2. Jimmie, S.Kom., M.Kom |
Uncontrolled Keywords: | Artificial Intelligence, ChatGPT, UTAUT 3, Mahasiswa, Universitas Muhammadiyah Palembang |
Subjects: | Teknologi informasi > ilmu informasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknologi Informasi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Teknik |
Date Deposited: | 28 May 2024 05:17 |
Last Modified: | 28 May 2024 05:17 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/29572 |
Actions (login required)
View Item |