PERBANDINGAN HASL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DAN SCRAMBLE PADA MATERI VIRUS BERBANTUAN LKS DI SMAN 8 PALEMBANG

NURHIDAYATI, NIM. 342010299 (2014) PERBANDINGAN HASL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DAN SCRAMBLE PADA MATERI VIRUS BERBANTUAN LKS DI SMAN 8 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342010299_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
342010299_BAB II_sampai_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pola pengajaran guru dalam menyampaikan materi pelajaran dikelas masih bersifat monoton yang mengakibatkan rendahnya nilai biologi siswa. Belajar merupakan proses perubahan dari belum mampu menjadi mampu dan terjadi dalam jangka waktu tertentu. Dengan belajar, siswa dapat mewujudkan cita-cita yang diharapkan. Belajar akan menghasilkan perubahan-perubahan dalam diri seseorang. Metode pembelajaran yang menyenangkan dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar sungguh-sungguh. Jika siswa telah termotivasi untuk belajar, maka akan mudah bagi guru untuk mentransfer pelajaran kepada siswa dan siswa pun akan lebih mudah menerima dan menyerap materi-materi pembelajaran. Dalam hal ini Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran Word Square dan model pembelajaran Scramble pada materi virus di SMAN 8 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil uji-t data tidak berpasangan dari tes akhir kedua kelas diperoleh t- hitung 2,011 > dari t-tabel 1,9925, maka Ha diterima. Dengan demikian diketahui bahwa terdapat perbedaan pada hasil belajar biologi siswa yang diajar melalui model pembelajaran Word Square dan Scramble. Kesimpulan dari penelitian bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara model pembelajaran Word Square dan Scramble berbantuan LKS pada materi virus di SMAN 8 Palembang. Kata Kunci: model pembelajaran word square, model pembelajaran scramble, LKS, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Saleh Hidayat, M.Si. 2. Susi Dewiyeti, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran word square, model pembelajaran scramble, LKS, hasil belajar siswa.
Subjects: Biologi > Anatomi dan Morfologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Irwan syah
Date Deposited: 28 Feb 2019 05:54
Last Modified: 28 Feb 2019 05:54
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/2956

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.