Analisis Sentimen Pemilu Indonesia Tahun 2024 Dari Media Sosial Twitter Menggunakan Tweepy Dan TextBlob Berbasis Python

Muhammad Yoga Wahyu Nugraha, NIM. 162020016 (2024) Analisis Sentimen Pemilu Indonesia Tahun 2024 Dari Media Sosial Twitter Menggunakan Tweepy Dan TextBlob Berbasis Python. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
162020016_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (672kB) | Preview
[img] Text
162020016_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
162020016_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
162020016_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)
[img] Text
162020016_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
162020016_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
162020016_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img] Text
162020016_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di Indonesia yang akan mendatang menjadi suatu topik yang menarik bagi para pengguna media sosial khususnya Twitter. Saat ini, Twitter sangat berdampak besar dalam membangun sentimen, dan preferensi politik publik. Sehingga Tweet masyarakat yang berkaitan dengan pemilu dapat digunakan untuk melihat gambaran opini masyarakat. Terdapatberbagai opini pengguna twitter yang bersentimen positif, netral dan negatif.Namun dalam mengklasifikasi sentimen dari pengguna twitter membutuhkan waktu dan usaha yang cukup banyak dikarenakan banyaknya jumlah tweet yang ditemukan. Banyaknya jumlah tweet yang masuk mengenai pemilu mendorong perlunya metode yang membantu untuk melihat opini masayarakat secara efektif. Dengan menyediakan library textblob, Python yang merupakan bahasa pemrograman mampu mengklasifikasi data tweet dan dapat digunakan untuk menjawab permasalahan tersebut. Data tweet yang didapatkan, dilakukan preprocessing terlebih dahulu dimana terdapat dua proses pada data awal, yaitu proses cleaning dan stemming. Setelah itu dilakukan analisis sentimen untuk mengetahui bagaimana hasil klasifikasi terkait opini masyarakat dari pemilu tahun 2024 dan mengklasifikasikannya menjadi tiga kelas yaitu positif, netral, dan negatif menggunakan Python. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa Python melakukan analisis sentimen dengan hasil presentase sentimen kelas positif sebesar 2,26%, netral 96,23% dan negatif 1,51% tentang Pemilu Indonesia tahun 2024 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa python bisa mengklasifikasi tweets dari twitter sehingga kita bisa mengidentifikasi opini masyarakat tentang Pemilihan Umum Indonesia tahun 2024 yang akan mendatang dimana opininya cenderung ke netral.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Karnadi, S.Kom., M.Kom 2. Dedi Haryanto, S.Kom.,M.Kom
Uncontrolled Keywords: Analisis, Sentimen, Twitter, Python.
Subjects: Digitalisasi
Teknologi informasi > ilmu informasi
Teknologi informasi > pemrograman
Teknologi informasi > perangkat lunak
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 25 May 2024 03:40
Last Modified: 25 May 2024 03:40
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/29501

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.