ANALISIS PERAN BADAN PENASEHAT, PEMBINAAN, PELESTARIAN, PERKAWINAN (BP4) DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN TERHADAP CALON PENGANTIN (STUDI KASUS KUA KECAMATAN PLAJU KOTA PALEMBANG)

M. Sabiq Bayu Farezaz, 632020008 (2024) ANALISIS PERAN BADAN PENASEHAT, PEMBINAAN, PELESTARIAN, PERKAWINAN (BP4) DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN TERHADAP CALON PENGANTIN (STUDI KASUS KUA KECAMATAN PLAJU KOTA PALEMBANG). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
632020008_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
632020008_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)
[img] Text
632020008_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
632020008_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
632020008_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
632020008_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
632020008_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
632020008_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : M. Sabiq Bayu Farezaz, NIM : 632020008, Analis Peran Badan Penasehat, Pembinaan, Pelestarian, Perkawinan (BP4) Dalam Memberikan Bimbingan Terhadap Calon Pengantin (Studi Kasus KUA Kecamatan Plaju Kota Palembang). Dengan rumusan masalah : Pertama, Bagaimana peran BP4 dalam memberikan bimbingan terhadap calon pengantin di KUA Kecamatan Plaju Kota Palembang ? Kedua, Apa faktor penghambat dan pendukung BP4 KUA Kecamatan Plaju Kota Palembang dalam memberikan bimbingan terhadap calon pengantin ? Ketiga, Apa solusi penghambat BP4 KUA Kecamatan Plaju Kota Palembang dalam memberikan bimbingan terhadap calon pengantin ? Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif, yaitu berupa prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Penelitian ini berasal dari wawancara, observasi langsung dan dokumen resmi yang terkait lainnya. Penelitian kualiltatif merupakan penelitian yang bersifat deskriptif, peneliti diharuskan untuk mendeskripsikan suatu objek atau fenomena yang dituangkan ke dalam tulisan berbentuk naratif. Dalam penulisannya data dan fakta yang ada dihimpun dalam bentuk kata ataupun gambar daripada angka. . Badan Penasehat, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) adalah organisasi perkumpulan yang bersifat sosial keagamaan sebagai mitra Kementerian Agama dan instansi terkait lain dalam upaya meningkatkan kualitas perkawinan umat Islam di Indonesia untuk membimbing, membina dan mengayomi keluarga muslimin di seluruh Indonesia. BP4 juga memliki peran penting terhadap pasangan suami istri yang ingin sekali bercerai dengan alasan-alasan perceraian yang mereka inginkan, yaitu berupa nasihat khusus kepada pasangan suami istri tersebut agar tidak jadi atau mengurungkan niatnya untuk bercerai. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : Pertama, Peran BP4 untuk meningkatkan mutu perkawinan sehingga tercipta keluarga sakinah, mawaddah, warahmah, memberikan nasihat, mengurangi terjadinya perceraian dan poligami, memberikan bantuan dalam menyelesaikan kesulitan-kesulitan perkawinan. Kedua, faktor penghambat faktor jarak, jam kerja calon pengantin yang menjadi tidak terealisasinya bimbingan tersebut. Ketiga, Dalam menyelesaikan masalah yang sering timbul di KUA Kecamatan Plaju Kota Palembang menggunakan pengalaman, pengetahuan dan kepercayaan diri dalam menyelesaikan masalah tersebut. Kata Kunci : Peran BP4, Bimbingan, Perkawinan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Saipuddin Zahri,S.H.,MH 2. Dr. Idmar Wijaya, S.Ag., M.HUM
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Peran BP4,Bimbingan,Perkawinan
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 20 May 2024 04:04
Last Modified: 20 May 2024 04:04
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/29365

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.