PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA SMK PEMBINA 2 PALEMBANG

M. Bintang AK, NIM. 622020045 (2024) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA SMK PEMBINA 2 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622020045_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (824kB) | Preview
[img] Text
622020045_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
622020045_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
622020045_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
622020045_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] Text
622020045_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text
622020045_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
622020045_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

M. Bintang AK, 622020045, skripsi yang berjudul “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa SMK Pembina 2 Palembang”. Kegiatan belajar mengajar adalah suatu kondisi yang dengan sengaja diciptakan. Guru yang mengajar dan peserta didik yang belajar. Pada proses pembelajaran komponen yang selama ini dianggap sangat mempengaruhi proses pembelajaran dalam pendidikan adalah guru, karena guru merupakan ujung tombak yang berhubungan langsung dengan peserta didik sebagai subyek dan objek belajar. Untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik seorang guru harus memiliki kompetensi (keterampilan), salah satunya adalah kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan dalam mengelola kelas, pemahanan terhadap siswa, merancang pembelajaran, serta evaluasi hasil belajar. Adapun permasalahan diantaranya sebagai berikut: (1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI di kelas XI Migas SMK Pembina 2 Palembang, (2) Bagaimana hasil belajar PAI siswa kelas XI Migas SMK Pembina 2 Palembang, (3) Apakah ada pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap hasil belajar siswa kelas XI Migas SMK Pembina 2 Palembang. Jenis penelitian ini adalah post ex facto (sesudah fakta/ penelusuran kembali) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 788 orang, dan pengambilan samplenya menggunakan cluster sampling, yaitu siswa kelas XI Migas yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, angket, dan dokumentasi. Kemudian dari data tersebut di analisis dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi Pedagogik di SMK Pembina 2 Palembang berada dalam kategori sedang dengan persentase 68,2% (2) Hasil belajar PAI siswa SMK Pembina 2 Palembang berada dalam kategori sedang dengan persentase 59,1% (3) Ada korelasi positif antara pengaruh kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar PAI di SMK Pembina 2 Palembang. Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Hasil Belajar, PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Sri Yanti, S.Pd.,M.Pd. 2. Helyadi, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Hasil Belajar, PAI
Subjects: Administrasi Pendidikan > Mengajar dan Pengajar
Administrasi Pendidikan > Pendidikan
Administrasi Pendidikan > Sekolah Swasta
Administrasi Pendidikan > Siswa
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 16 May 2024 00:25
Last Modified: 16 May 2024 00:25
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/29181

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.