KEEFEKTIPAN METODE SQ3R(SURVEY, QUESTION, READ, RECITE DAN REVIEW) DALAM MEMBACA TEKS NONSASTRA SISWA KELAS X SMA NEGERI I SEKAYU KABUPATEN MUSI BANYUASIN

NAZA ASTRIANI, NIM. 312010183 (2014) KEEFEKTIPAN METODE SQ3R(SURVEY, QUESTION, READ, RECITE DAN REVIEW) DALAM MEMBACA TEKS NONSASTRA SISWA KELAS X SMA NEGERI I SEKAYU KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312010183_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
312010183_BAB II_sampai_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang peneltian adalah siswa mengalami kesulitan menuangkan gagasannya ke dalam bahasa tulis dan sullit di ungkapkan kalimat yang efektif. Masalah penelitian ini adalah efektif lah menggunakan model SQ3R dalam memahami teks nonsastra pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskrifsikan keefektifan penggunaan metode pembelajaran dalam memahami isi teks nonsastra khususnya pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin. Populasi penelitian ini sebanyak 287 siswa dari seluruh kelas X SMA Negeri I Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin dan sampel penelitian ini sebanyak 72 siswa yang diambil dari kelas eksperimen dan kelas kelas kontrol sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol yang menggunakan kelas yang sudah disediakan. Dengan demikian, kelas eksperimen dan kelas kontrol yang telah diteliti teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik tes, angket, dan wawancara. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan keefektifan penggunaan metode pembelajaran SQ3R( Survey, Question, Read, Recite dan Review) dalam membaca teks nonsastra siswa kelas X SMA Negeri 1 Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin signifikan telah diketahui hasilnya bahwa lebih besar dari tabel “pada tarap signifikan 5% dengan dd adaiah 70 dan adanya perbedaan rata-rata kelas eksperimen 89,05 sedangkan kelas kontrol 79,11 sudah mencapai Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dengan demikian, hipoteisis yang dikemukakan keefektifan metode SQ3R (survey, question, read, recite, dan review) dalam membaca teks nonsastra bagi siswa SMA Negeri I Sekayu Kabupaten Musibanyuasin. Kata kunci: keefektifan, metode SQ3R membaca nonsastra

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Hj. Listini, M.Pd. 2. Surismiati, S.Pd., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, metode SQ3R membaca nonsastra.
Subjects: Bahasa Indonesia > Membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Irwan syah
Date Deposited: 18 Feb 2019 07:31
Last Modified: 18 Feb 2019 07:31
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/2918

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.