KEEFEKTIFAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM MENGANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK KUMPULAN CERITA PENDEK PESAN TERAKHIR IBU KARYA ABA MARDJANI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KEC SANGA DESA KAB MUSI BANYUASIN TAHUN AJARAN 2015/2016

ANDIKA NOVITASARI, NIM. 312012025 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM MENGANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK KUMPULAN CERITA PENDEK PESAN TERAKHIR IBU KARYA ABA MARDJANI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KEC SANGA DESA KAB MUSI BANYUASIN TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312012025_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
312012025_BAB II_sampai_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran sastra kurang diminati dan siswa mengalamai kesulitan jika mcnganalisis unsur intrinsik cerpen. Masalah dalam penelitian adalah apakah model pembelajaran student teams achievment division (STAD) efektif dalam menganalisis unsur-unsur intrinsik cerpen. Pesan Terakhir Ibu karya Aba Mardjani SiSwa X SMK Negeri 1 kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin ?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskrepsikan keefektifan model pembelajaran student teams achievment division (STAD) dalm menganalisis unsur-unsur intrinsik cerpen pesan Terakhir Ibu karya Aba Mardjani. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi penelelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musibanyuasin sebanyak 4 kelas berjumlah 139 siswa. Penelitian menentukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.AK.2 sebagai kelas kontrol sebanyak 37 siswa dan kelas X.PK sebagai kelas eksperimen sebanyak 36 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik test, kuesioner (angket), dan wawancara terhadap guru Bahasa Indonesia yang mcngajar di kelas X SMK Negeri I Kecamatan Sanga Desa, Kabupaten Musi Banyuasin. Data penelitian ini dianalisis menggunakan data tes, angket, dan wawancara. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah kelas kontrol tes awal nilai rata-rata yang diperoleh 34.48 dan tes akhir nilai rata-rata yang 65,48 tidak terlalu banyak peningkatan. Hasil pada kelas eksperimen test awal nilai rata-rata yang diperoleh 47.25 dan tes akhir nilai rata-rata yang diperoleh 95,77 adanya perbedaan yang signifikan. Pcngujian hipotesis menggunakan uji “t” juga terbukti t hitung lebih besar dari pada t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan DK (Derajat kebesaran) 69 adalah 5,03 lebih besar sama dengan 1,994. Berdasarkan hasil deskripsi penelitian diperoleh kesimpulan bahwa hipotesis yang dikemukakan, yaitu model pembelajaran student teams achievement division (STAD) efektif menganalisa unsur-unsur instrinsik cerpen Pesan Terakhir Ibu Karya Aba Mardjani terbuhkti kebenarannya. Penulis menyarankan siswa SMKN 1 Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin untuk belajar lebih giat dan bersungguh-sungguh agar mendapatkan hasil yang lebih baik. Guru Bahasa Indonesia harus kreatif dalam memilih dan menentukan model pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan, Kata kunci: Keefektifan. Model Student Teams Achievment division (STAD), analisis unsur-unsur Instrintik dan cerpen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Mustofa, M.Pd., 2. Drs. Danto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Keefektifan. Model Student Teams Achievment division (STAD), analisis unsur-unsur Instrintik dan cerpen.
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Irwan syah
Date Deposited: 18 Feb 2019 03:18
Last Modified: 18 Feb 2019 03:18
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/2903

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.