Efektivitas Sistem Presensi Berbasis Face Recognition dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa

Sindi Silvia, NIM. 322020012 (2024) Efektivitas Sistem Presensi Berbasis Face Recognition dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
322020012_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (949kB) | Preview
[img] Text
322020012_BAB II.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
322020012_BAB III.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
322020012_BAB IV.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
322020012_BAB V.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
322020012_BAB VI.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
322020012_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
32202012_LAMPIRAN.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
322020012_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pencatatan kehadiran yang direkap secara manual tidak memuat informasi jam kedatangan siswa ke sekolah. Hal ini dapat mengurangi tingkat kedisiplinan dan semangat belajar siswa. Sehingga dibutuhkan sistem pengolahan data rekapitulasi presensi siswa yang terkomputerisasi guna memotivasi siswa untuk hadir tepat waktu serta mampu menghasilkan informasi kehadiran siswa yang akurat, seperti sistem presensi berbasis face recognition. Face recognition merupakan metode untuk mencatat kehadiran siswa dengan mengenali wajah siswa berdasarkan training image yang telah tersimpan di dalam sistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan sistem presensi face recognition dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Padmajaya Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis one group pretest-posttest design. Penelitian ini menunjukkan bahwa sistem presensi berbasis face recognition sangat efektif diterapkan serta mampu meningkatkan kedisiplinan siswa. Sehingga hasil penelitian ini dapat merekomendasikan pada proses pembelajaran yang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Samsilayurni, M.Si. 2. Mediarita Agustina, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Face Recognition, Kedisiplinan Siswa
Subjects: Administrasi Pendidikan > Aspek Sosial Pendidikan
Administrasi Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan
Administrasi Pendidikan > Disiplin Sekolah
Administrasi Pendidikan > Siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 13 May 2024 00:56
Last Modified: 13 May 2024 00:56
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28915

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.