EVALUASI PENERAPAN PEMBELAJARAN SISTEM BLOK PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

MUKHAROMA ANANDA ALFI, NIM. 322020023 (2024) EVALUASI PENERAPAN PEMBELAJARAN SISTEM BLOK PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
322020023_BAB I_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
322020023_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (828kB)
[img] Text
322020023_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
322020023_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)
[img] Text
322020023_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
322020023_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
322020023_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
322020023_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)
[img] Text
322020023_COPER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu sistem yang digunakan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Palembang yaitu sistem blok. Berbagai macam permasalahan yang ada dalam proses pembelajaran, khususnya permasalahan pada pembelajaran praktik tanpa harus mengurangi hasil belajar siswa sehingga perlu adanya suatu evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran bertujuan untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran sistem blok disekolah. Hasil dari evaluasi pembelajaran digunakan sebagai dasar untuk melaksanakan kegiatan tindak lanjut atau untuk melakukan pengambilan Keputusan berikutnya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi penerapan pembelajaran sistem blok pada mata pelajaran kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan model evaluasi yang dipilih yaitu model CIPP (context, input, process dan product). Adapun sampel yang dipilih adalah siswa kelas XI TKJ 4 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan angket yang berdasarkan pada model evaluasi pembelajaran CIPP (context, input, process, dan product). Hasil penelitian ini menyatakan bahawa 4 aspek yang dilihat dan mendapatkan nilai yang berbeda-beda, namun setelah ke 4 aspek ini digabungkan mendapatkan nilai rata-rata 83.6%. Jika dinterprestasikan itu berarti menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran sistem blok di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 1 Palembang sangat baik. Dan hasil belajar siswa kelas XI TKJ 4 sebanyak 13(tiga belas) mengikuti interval dikategorikan “baik”, dan sebanyak 17 (tujuh belas) mengikuti interval dikategorikan “sangat baik” Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa terhadap pembelajaran sistem blok di kelas keahlian Teknik Komputer Jaringan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 palembang tergolong sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Winda Lestari, S.Pd., M.Pd 2. Sri Utami, S.Pd.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Sistem Blok, Evaluasi, CIPP (context, input, process, product)
Subjects: Administrasi Pendidikan > Mengajar dan Pengajar
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 11 May 2024 00:53
Last Modified: 11 May 2024 00:53
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28762

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.