EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

SILVIA PUTRI ALIFAH, NIM : 322020002 (2024) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
322020002_BAB I_Daftar Pustaka.pdf

Download (829kB) | Preview
[img] Text
322020002_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)
[img] Text
322020002_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
322020002_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
322020002_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
322020002_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
322020002_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
322020002_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
322020002_COPER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis canva yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran di dalam kelas hanya menggunakan media konvensional yang membuat siswa jenuh saat proses pembelajaran. Hal ini terlihat dengan siswa kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru ketika proses pembelajaran di dalam kelas dan respon siswa yang rendah cenderung asik dengan aktivitas lain dan kurang memperhatikan materi yang disampaikan karena cenderung monoton dan tidak variatif yang hanya bersifat konvensional sehingga berdampak terhadap proses pembelajaran yang menjadi tidak efektif. Permasalahan di dalam penelitian ini adalah Bagaimana Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SMK Pembina 1 Palembang, dengan sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 25 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimental jenis one group pretest-postest design dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata postest (sesudah diterapkan media pembelajaran berbasis canva) sebesar 79 lebih besar dari nilai rata-rata pretest (Sebelum diterapkan media pembelajaran berbasis canva) sebesar 66,4. Hasil korelasi product moment menunjukan bahwa hasil perhitungan hipotesis rhitung lebih besar dari rtabel, maka sebagaimana kaidah pengujian Ha diteroma dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis canva efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMK Pembina 1 Palembang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Winda Lestari, S.Pd., M.Pd 2. Mediarita Agustina, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Efektivitas, Media Pembelajaran, Canva , Hasil Belajar.
Subjects: Administrasi Pendidikan > Metode Mengajar dan Belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 10 May 2024 01:30
Last Modified: 10 May 2024 01:30
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28718

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.