EVALUASI KINERJA U-TURN UNTUK MENGATASI KEMACEMATAN DI JALAN JENDRAL SUDIRMAN KM.3,5 DEPAN GRAHA MEDIKA KOTA PALEMBANG

Sandi Arianta, NIM. 112019104 (2024) EVALUASI KINERJA U-TURN UNTUK MENGATASI KEMACEMATAN DI JALAN JENDRAL SUDIRMAN KM.3,5 DEPAN GRAHA MEDIKA KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
112019104_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
112019104_BAB II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
112019104_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] Text
112019104_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
112019104_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] Text
112019104_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
112019104_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

INTISARI Evaluasi Kinerja U-Turn Untuk Mengatasi Kemacetan Di Jalan Jendral Sudirman Km 3,5 Depan Graha Medika Kota Palembang Sandi Arianta Muhammad Arfan, S.T,.M.T. M. Hijrah Agung Sarwandy, S.T,.M.T Ruas jalan Jendal Sudirman merupakan jalan dua arah dan enam lajur dengan bukaan median, putar balik arah bukaan jalan tersebut disebut dengan U-Turn yang tujuannya adalah memungkinkan kendaraan untuk memutar arah perjalanan, tetapi dengan adanya gerakan U-Turn tersebut tingkat kemacetan menjadi bertambah dan juga dapat menimbulkan antrian. Penelitian yang dilakukan untuk mencari solusi terhadap kemacetan yang terjadi akibat aktifitas U-Turn (putar balik arah) di jalan Jendral Sudirman depan Graha Medika km. 3.5 Kota Palembang dibantu program Vissim. Dari hasil analisis menggunakan program Vissim menunjukan kondisi eksisting hasil out put dengan nilai panjang antrian (Qlen) pada Jalan Jendral Sudirman depan graha medika yaitu pada arah Polda ke Charitas sebesar 132,687 m, panjang antrian maksimum (Qlen max) pada arah Polda ke Charitas yaitu 152,173 m dan tundaan kendaraan (Vehdelay) terbesar pada jalan arah Polda ke Charitas 74,365 s. Sedangkan metode (PKJI 2014) nilai derajat kejenuhan (Ds) Arah Charitas ke Polda sebesar 1,92 (Nilai Level Of Service = F) dan Arah Polda ke Charitas sebesar 1,75 (Nilai Level Of Service = F > 1,00), Kapasitas (C) sebesar 5148 smp/jam. Untuk solusi pemecahan masalah menggunakan : Alternatif 1 Melakukan pelebaran jalan dengan menambahkan jumlah lajur yang semula 6 lajur menjadi 8 lajur untuk 2 arah Polda – Charitas , Charitas – Polda serta membuka U￾turn baru sejauh 400 meter arah utara dari U-turn yang semula tepatnya membuka U-turn di depan jalan dokter Muhammad Ali . Alternatif 2 Membuat 1 lajur khusus pada kondisi eksisting dengan menggunakan cone/road barrier untuk kendaraan yang melakukan aktifitas putar balik arah Alternatif 3 Pembuatan sebuah Flyover di daerah tersebut untuk kendaraan yang melakukan aktifitas putar balik arah hal ini dilakukan karena akan terjadi peningkatan jumlah kendaraan di masa yang akan datang. Kata Kunci : U-Turn, putar balik arah, simluasi permodelan, PTV Vissim (10.00),panjang antrian (Qlen), tundaan kendaraan (VehDelay), derajat kejenuhan (Ds),alternatif 1,alternatif 2,alternatif 3

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Muhammad Arfan, S.T,.M.T. 2. M. Hijrah Agung Sarwandy, S.T,.M.T
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : U-Turn, putar balik arah, simluasi permodelan, PTV Vissim (10.00),panjang antrian (Qlen), tundaan kendaraan (VehDelay), derajat kejenuhan (Ds),alternatif 1,alternatif 2,alternatif 3
Subjects: Teknik Sipil > teknik jalan raya
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 21 Mar 2024 00:18
Last Modified: 21 Mar 2024 00:18
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28385

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.