Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantrem Tijarotal lantabur Palembang

Basiron Ilham, NIM. 622019015 (2023) Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantrem Tijarotal lantabur Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622019015 Bab 1 daftar Pustaka.pdf

Download (727kB) | Preview
[img] Text
622019015 bab 2 oke.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)
[img] Text
622019015 bab 3 oke.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img] Text
622019015 bab 4 oke.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
622019015 bab 5 oke.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
622019015 SKRIPSI 1-5 ACC (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Tijarotal Lantabur Palembang” ini ditulis oleh viii Basiron Ilham, Nim: 622019015, sebagai pembimbing skripsi I adalah Dr. Ani Aryati, S.Ag. M.Pd.I dan pembimbing skripsi II adalah Zulkipli, S.Ag, M.Pd.I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Bagaimana evaluasi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Bagaimana evaluasi pembelajaran pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren pembelajaran pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Tijarotal Lantabur Palembang. 2. Apa saja faktor yang mempengaruhi evaluasi Tijarotal Lantabur Palembang. 2. Apa saja faktor yang mempengaruhi evaluasi pembelajaran pendidikan Agama Islam di pembelajaran pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Tijarotal Lantabur Palembang. 3 Apa upaya yang dilakukan oleh Madrasah Tijarotal Lantabur Palembang. 3 Apa upaya yang dilakukan oleh Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Tijarotal Lantabur Palembang untuk memperbaiki Tsanawiyah Pondok Pesantren Tijarotal Lantabur Palembang untuk memperbaiki evaluasi pembelajaran pendidikan Agama Islam.evaluasi pembelajaran pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran sederhana tentang evaluasi penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran sederhana tentang evaluasi pembelajaran pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren pembelajaran pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Tijarotal Lantabur PalembaTijarotal Lantabur Palembang. Datang. Data--data yang diperlukan dalam penelitian ini data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui instrument pokok berupa wawancara sedangkan observasi dan diperoleh melalui instrument pokok berupa wawancara sedangkan observasi dan dokumentasi digunakan untuk melengakapi data yang dibutuhkan. dokumentasi digunakan untuk melengakapi data yang dibutuhkan. Seluruh data yang berkumpul selanjutnya di olah dan di analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Tijarotal Lantabur Palembang sudah menuai hasil yang baik. Hal ini dibuktikan dengan timbulnya semangat belajar pada siswa, mampu menyelesaikan uajian yang diberikan baik secara materi ataupun ujian lisan, mampu melaksanakan ujian peraktik seperti, peraktik membaca Al-Qur’an, berwudhu dan Sholat. Karena di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Tijarotal Lantabur Palembang memiliki program menghafal Al-Qur’an, baik dari sekolah ataupun dari Pondok Pesantren Tijarotal Lantabur Palembang itu sendiri. Faktor pendukung adanya dukungan dari pihak sekolah, evaluasi pembelajaran pendidikan Agama Islam juga ditopang oleh sarana dan prasanana yang hampir memadai. Yang menjadi penghambat adalah kurangnya pemahaman dan kesadaran siswa tentang pentingnya pembelajaran pendidikan Agama Islam. Maka solisi yang diupayakan dalam menghadapi kendala evaluasi pembelajran pendidikan Agama Islam diantaranya memberikan arahan dan motivasi kepada siswa, membuat perencanaan pembelajaran dengan baik, memperbaiki aturan sekolah dan melengkapi sarana dan prasarana untuk kegiatan evaluasi pembelajaran pendidikan Agama Islam tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ani Aryati, S.Ag., M.Pd.I Zulkipli Jemain, S.Ag., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 20 Jan 2024 04:40
Last Modified: 20 Jan 2024 04:40
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28011

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.