BUDI, NIM. 332019009 (2023) PENGARUH MODEL ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BARISAN ARITMATIKA KELAS X DI SMA NEGERI I PANGKALAN LAMPAM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
332019009_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (869kB) | Preview |
|
Text
332019009_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (677kB) |
||
Text
332019009_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (775kB) |
||
Text
332019009_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (747kB) |
||
Text
332019009_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (812kB) |
||
Text
332019009_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (489kB) |
||
Text
332019009_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) |
||
Text
332019009_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
332019009_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Salah satu model pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan pada siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran yaitu model active knowledge sharing. Tujuan dari penelitian ini untuk bisa mengetahui ada tidaknya pengaruh model active knowledge sharing terhadap hasil pembelajaran matematika siswa pada materi barisan aritmatika kelas X di SMA Negeri 1 Pangkalan Lampam. Populasi di dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pangkalan Lampam tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel kelas X.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.4 sebagai kelas kontrol. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen design yaitu nonequivalent control group design. Berdasarkan perhitungan hasil belajar matematika peserta didik dengan model belajar active knowledge sharing berjumlah 25 siswa, diperoleh nilai rata-rata 77,28 dan standar deviasinya adalah 12,00 dan hasil belajar matematika siswa menggunakan model ceramah berjumlah 23 siswa, diperoleh nilai rata-rata 64,26 dan standar deviasinya adalah 15,28. Setelah data di analisis, diperoleh nilai thitung = 3,296 dan ttabel = 2,012 ini berarti berada pada daerah penolakan H0 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis Ha yang menyatakan bahwa ada pengaruh model active knowledge sharing terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi kelas X di SMA Negeri 1 Pangkalan Lampam, diterima kebenarannya. Kata Kunci : Active knowledge sharing, hasil matematika siswa, barisan aritmatika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. H. Muslimin Tendri, M.Pd. 2. Rieno Septra Nery, S.Si., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Active knowledge sharing, hasil matematika siswa, barisan aritmatika |
Subjects: | Matematika > Ilmu Hitung |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 02:48 |
Last Modified: | 13 Jan 2024 03:22 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27951 |
Actions (login required)
View Item |