ANALISIS DAMPAK COVID-19 PADA PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 03 MUSI RAWAS UTARA TAHUN AJARAN 2020/2021

Bella Febrianty, NIM. 342017019 (2023) ANALISIS DAMPAK COVID-19 PADA PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 03 MUSI RAWAS UTARA TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
342017019_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (905kB) | Preview
[img] Text
342017019_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] Text
342017019_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
342017019_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] Text
342017019_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
342017019_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] Text
342017019_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
342017019_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pandemi Corona Virus Disease 19 (COVID-19) yang melanda Indonesia memberikan tantangan tersendiri di bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak COVID-19 pada proses pembelajaran biologi siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 03 Musi Rawas Utara tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 03 Musi Rawas Utara, pada tanggal 20 Februari sampai 18 Maret 2023. Data pada penelitian ini diperoleh dari kepala sekolah, guru biologi, siswa sebagai narasumber dengan teknik wawancara. Teknik analisis data : (1) data reduction (reduksi data). (2) data dispay (penyajian data), (3) conclusion drawing/verification. Hasil penelitian diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SMA Negeri 03 Musi Rawas Utara memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positifnya pada proses pembelajaran dalam penggunaan media, model, metode pembelajaran, berdasarkan hasil wawancara terdapat adanya kesesuaian jawaban guru, kepala sekolah, siswa. Sedangkan dampak negatifnya pada proses kegiatan praktikum mengalami kesulitan dalam pelaksanaan kegiatan praktikum berdasarkan hasil wawancara yang menyatakan bahwa ada ketidak kesesuaian antara jawaban guru, kepala sekolah, siswa pada pelaksanaan praktikum. Kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SMA Negeri 03 Musi Rawas Utara sudah terlaksana dengan baik, tetapi kegiatan praktikum tidak terlaksanakan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: COVID-19 ,Proses Pembelajaran Biologi, Daring
Subjects: Biologi
Administrasi Pendidikan > Kurikulum
Administrasi Pendidikan > Mengajar dan Pengajar
Administrasi Pendidikan > Metode Mengajar dan Belajar
Administrasi Pendidikan > Pendidikan
Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA
Administrasi Pendidikan > Sekolah Negeri
Administrasi Pendidikan > Siswa
Administrasi Pendidikan > Studi dan Pengajaran Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 07 Dec 2023 03:47
Last Modified: 07 Dec 2023 06:51
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27729

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.