Bella Febrianty, NIM. 342017019 (2023) ANALISIS DAMPAK COVID-19 PADA PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 03 MUSI RAWAS UTARA TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.
|
Text
342017019_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (905kB) | Preview |
|
Text
342017019_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (574kB) |
||
Text
342017019_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (567kB) |
||
Text
342017019_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (593kB) |
||
Text
342017019_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
||
Text
342017019_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (549kB) |
||
Text
342017019_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
342017019_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pandemi Corona Virus Disease 19 (COVID-19) yang melanda Indonesia memberikan tantangan tersendiri di bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak COVID-19 pada proses pembelajaran biologi siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 03 Musi Rawas Utara tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 03 Musi Rawas Utara, pada tanggal 20 Februari sampai 18 Maret 2023. Data pada penelitian ini diperoleh dari kepala sekolah, guru biologi, siswa sebagai narasumber dengan teknik wawancara. Teknik analisis data : (1) data reduction (reduksi data). (2) data dispay (penyajian data), (3) conclusion drawing/verification. Hasil penelitian diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SMA Negeri 03 Musi Rawas Utara memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positifnya pada proses pembelajaran dalam penggunaan media, model, metode pembelajaran, berdasarkan hasil wawancara terdapat adanya kesesuaian jawaban guru, kepala sekolah, siswa. Sedangkan dampak negatifnya pada proses kegiatan praktikum mengalami kesulitan dalam pelaksanaan kegiatan praktikum berdasarkan hasil wawancara yang menyatakan bahwa ada ketidak kesesuaian antara jawaban guru, kepala sekolah, siswa pada pelaksanaan praktikum. Kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SMA Negeri 03 Musi Rawas Utara sudah terlaksana dengan baik, tetapi kegiatan praktikum tidak terlaksanakan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | COVID-19 ,Proses Pembelajaran Biologi, Daring |
Subjects: | Biologi Administrasi Pendidikan > Kurikulum Administrasi Pendidikan > Mengajar dan Pengajar Administrasi Pendidikan > Metode Mengajar dan Belajar Administrasi Pendidikan > Pendidikan Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA Administrasi Pendidikan > Sekolah Negeri Administrasi Pendidikan > Siswa Administrasi Pendidikan > Studi dan Pengajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 03:47 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 06:51 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27729 |
Actions (login required)
View Item |