Radhea Chairunisa, NIM. 332019008 (2023) Upaya Meningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Konteks Lemari Bufet TV Pada Materi Bangun Ruang kelas VIII SMP Negeri 38 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
332019008_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (642kB) | Preview |
|
Text
332019008_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
||
Text
332019008_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
Text
332019008_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
||
Text
332019008_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
Text
332019008_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
Text
332019008_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
332019008_Cover_sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (21MB) |
Abstract
Berdasarkan observasi yang di lakukan di SMP Negeri 38 Palembang tersebut bahwa proses pembelajaran masih berpusat pada guru, guru kurang melibatkan siswa, guru kurang menekankan aktivitas siswa sehingga siswa tidak biasa menyelesaikan masalah sendiri. Dampak dari ini hasil belajar yang dicapai tidak memenuhi atau tidak mencapai nilai hasil belajar yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Salah satu cara yang dapat mengaktifkan siswa dalam menyelesaikan masalah yaitu model Problem Based Learning. Permasalahan dalam penelitian adalah bagaimana Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa menggunakan model Problem Based Learning dengan konteks lemari bufet TV pada materi bangun ruang di kelas VIII SMP Negeri 38 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatakan belajar matematika siswa melalui model Problem Based Learning dengan konteks lemari bufet TV pada materi bangun ruang kelas VIII di SMP Negeri 38 Palembang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian Tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data yang diperoleh berdasarkan hasil observasi dan hasil tes siswa. Dari hasil siklus I adalah 37%, berarti belum mencapai kriteria ketuntasan yang diharapkan dalam penelitian ini. Peningkatan terjadi pada siklus II yaitu diperoleh 80% dari siswa mendapat nilai ≥ 75. Berdasarkan paparan dan temuan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa Model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Dr. H. Muslimin Tendri, M.Pd 2. Luvi Antari,S.Pd.,M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, luas permukaan dan volume kubus dan balok, model Problem Based Learning |
Subjects: | Matematika > Ilmu Ukur (Geometri) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 02:22 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 02:22 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26814 |
Actions (login required)
View Item |