Anis Yulianingsih, NIM. 342019002 (2023) EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI SECARA TATAP MUKA TERBATAS PADA KELAS X DI MA NURUL JAMIL AIR SALEK KAB. BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
342019002_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (469kB) | Preview |
|
Text
342019002_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
Text
342019002_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
Text
342019002_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
Text
342019002_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
Text
342019002_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
Text
342019002_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
||
Text
342019002_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Berawal dari berbagai permasalahan yang muncul dalam pembelajaran daring kemudian Kemendikbud mengeluarkan kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) sebagai evaluasi untuk memperbaiki pembelajaran selama pandemi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui evaluasi aspek context, input proccess, dan product pada pembelajaran biologi secara tatap muka terbatas kelas X di MA Nurul Jamil Air Salek. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pengumpulan data secara kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara kepada kepala sekolah, guru dan peserta didik kelas X, dan didukung dengan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa secara context sudah sesuai dengan aturan seharusnya, yaitu pelaksanaan tatap muka terbatas dari segi daya tampung dan sarana prasarana, namun secara input dan process tidak berjalan dengan aturan seharusnya dimana RPP tidak mengalami modifikasi (RPP satu lembar) serta kegiatan praktikum yang tidak terlaksana dan penggunaan model dan metode yang masih berbasis konvensional (guru hanya memberikan penugasan dan mencatat). Secara produk hasil belajar peserta didik sudah baik. Evaluasi pembelajaran biologi pada tatap muka terbatas di MA Nurul Jamil Air Salek dilihat dari hakikat pembelajaran biologi ditinjau dari proses pembelajaran (scientific procesess) beberapa komponen yang seharusnya diterapkan tidak terlaksana, hal ini salah satunya kegiatan praktikum dan penggunaan model pembelajaran yang merupakan komponen utama dalam pembelajaran biologi. Begitu juga dengan aspek sikap (scienofic attudes) belum diketahui bagaimana kemampuan sikap ilmiah dan literasi sains yang dimiliki peserta didik dalam pembelajaran. Dari segi Aspek produk (scientific knowledge) tidak ada pengukuran Keterampilan Proses Sains (KPS). Namun, dari aspek teknologi guru sudah menggunakan atau menerapkan teknologi berupa aplikasi Whatssapp sebagai sarana pembelajaran daring serta penggunaan video pembelajaran sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Lia Auliandari, S.Si., M.Sc. 2. Erie Agusta, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Pembelajaran Biologi, Tatap Muka Terbatas |
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 04:51 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 04:51 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26663 |
Actions (login required)
View Item |