PENGARUH PENDEKATAN SAVI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG

Lia Sartika, NIM. 312019020 (2023) PENGARUH PENDEKATAN SAVI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312019020_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text
312019020_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
312019020_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
312019020_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)
[img] Text
312019020_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
312019020_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
312019020_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
312019020_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
312019020_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah siswa masih mengalami kesulitan dalam menulis sebuah karangan dan keterampilan menulis cerita pendek siswa masih rendah. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pendekatan SAVI terhadap keterampilan menulis teks cerita pendek siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh pendekatan SAVI terhadap keterampilan menulis teks cerita pendek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, yakni tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest), angket serta wawancara. Analisis data tes menggunakan uji hipotesis. Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes akhir menulis teks cerita pendek kelas eksperimen adalah 77,13, dan tes akhir kelas kontrol mendapatkan rata-rata 68,43. Hasil perhitungan dengan uji-t, menunjukkan nilai t_hitung≥t_tabel = (6,66 ≥ 3,23), karena t_hitung lebih besar dari t_tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima dikarenakan terdapat keterampilan menulis teks cerita pendek siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan SAVI. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan SAVI berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks cerita pendek siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 4 Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Mulyati, M.Pd. 2. Surismiati, S.Pd.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengaruh, SAVI, kemampuan, menulis, teks cerpen
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia > Tata bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 01 Sep 2023 01:27
Last Modified: 01 Sep 2023 01:27
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26269

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.