ANGGI YULIANA, NIM. 322019016 (2023) PENGARUH SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
322019016__BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
322019016__BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) |
||
Text
322019016__BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (917kB) |
||
Text
322019016__BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (595kB) |
||
Text
322019016__BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
||
Text
322019016__BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
||
Text
322019016__DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
||
Text
322019016__LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
322019016_ Coper_Sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Anggi Yuliana, 2023. Pengaruh Supervisi Klinis Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Terhadap Peningkatan Keterampilan Mengajar Guru Dalam Proses Pembelajaran Di SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Skripsi. Program Studi Administrasi Pendidikan Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (1) Drs. M. Zalili Aziz, M.Pd. (2) Dra. Rytha Petrossky, M.Si Kata Kunci : Supervisi Klinis Kepala Sekolah, Keterampilan Mengajar Guru Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 2 Palembang. supervisi klinis adalah bantuan profesional oleh kepala sekolah yang diberikan kepada guru yang mengalami masalah dalam pembelajaran agar guru yang bersangkutan dapat mengatasi masalahnya dengan menempuh langkah yang sistematis. Rumusan Masalah Penelitian Apakah Ada Pengaruh Supervisi Klinis Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Terhadap Peningkatan Keterampilan Mengajara Guru Dalam Proses Pembelajaran Di SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Apakah Ada Pengaruh Supervisi Klinis Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Terhadap Peningkatan Keterampilan Mengajara Guru Dalam Proses Pembelajaran Di SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan penelitian korelasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket untuk mengukur supervisi klinis kepala sekolah. Populasi pada penelitian ini adalah guru di SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Sampel dalam penelitian ini adalah guru berjumlah 48 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji normalitas, korelasi prodect moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara supervisi klinis kepala sekolah dengan keterampilan mengajara guru di SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Hasil menunjukkan nilai sig.0,000. Artinya nilai signifikansi lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 (0,042 < 0,05) dan thitung menunjukan nilai 1,899. Artinya thitung > tabel (1,899 > 1,677). Maka kesimpulannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dikatakan bahwa Ada pengaruh supervisi klinis kepala sekolah sebagai supervisor terhadap peningkatan keterampilan mengajar guru dalam proses pembelajaran di SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Disarankan kepada kepala sekolah dan guru untuk dijadikan bahan evaluasi dan masukan agar supervisis klinis dapat dilakukan dengan baik dan sebagai mana mestinya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing Drs. 1. M. Zalili Aziz, M.Pd. 2. Dra. Rytha Petrossky, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Supervisi Klinis Kepala Sekolah, Keterampilan Mengajar Guru |
Subjects: | Administrasi Pendidikan > Aspek Sosial Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 06:07 |
Last Modified: | 28 Aug 2023 06:07 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26231 |
Actions (login required)
View Item |