WAHYUNI VITALOKA, NIM. 312019017 (2023) PENGARUH MEDIA TUTORIAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
312019017_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
312019017_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) |
||
Text
312019017_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) |
||
Text
312019017_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
312019017_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) |
||
Text
312019017_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (523kB) |
||
Text
312019017_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
||
Text
312019017_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
312019017_Cover_sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Vitaloka, Wahyuni. 2023. Pengaruh Media Tutorial Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Palembang. Skirpsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (SI) Fakultas Keguran dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang: (I) Drs. H. Mustofa, M.Pd., (II) Dra. Hj. Listini, M.Pd. Kata Kunci : pengaruh, media tutorial, keterampilan, menulis, cerita pendek Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya keterampilan menulis dalam pembelajaran di sekolah yang merupakan salah satu kemampuan menulis yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada orang lain. Rendahnya tingkat keterampilan menulis cerita pendek pada peserta didik dan faktor dari luar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media tutorial terhadap keterampilan menulis cerita pendek pada siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Palembang. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Palembang yang berjumlah 70 peserta didik yang terdiri dari 45 laki-laki dan 25 perempuan dengan sampel sebanyak 42 peserta didik, yaitu peserta didik kelas IX. A sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 20 peserta didik dan IX. B sebagai kelas kontrol, yang berjumlah 22 peserta didik. Metode yang digunakan yaitu eksperimen dengan instrumen pengumpulan data menggunakan tes awal (pretest), tes akhir (posttest) dan angket siswa. Hasil penelitian untuk rata-rata tes awal (pretest) kelas kontrol adalah 55,4, dan tes akhir (posttest) kelas kontrol adalah 62,5, sedangkan rata-rata tes awal (pretest) kelas eksperimen adalah 57,5, dan tes akhir (posttest) kelas eksperimen adalah 67. Peneliti menggunakan uji-t dengan signifikan 5% dan derajat kebebasan (n1 + n2 - 2) dengan kriteria Ha diterima jika t hitung = 2,5 Dan t tabel = 1,68 karena t hitung ≥ t tabel sehingga Ha diterima. Oleh karena itu peneliti menyimpulkan bahwa media tutorial dinyatakan berpengaruh dalam membantu proses pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IX khususnya pada keterampilan menulis cerita pendek.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Drs. H. Mustofa, M.Pd. 2. Dra. Hj. Listini, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | pengaruh, media tutorial, keterampilan, menulis, cerita pendek |
Subjects: | Bahasa Indonesia > Sistem Penulisan dan Fonologi Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 01:14 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 01:14 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26118 |
Actions (login required)
View Item |